Rampung Bulan Ini, RS di Pulau Galang Jadi Ruang Isolasi Pasien Corona

Rampung Bulan Ini, RS di Pulau Galang Jadi Ruang Isolasi Pasien Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan renovasi fasilitas rumah sakit (RS) khusus penyakit menular di Pulau Galang, Kepulauan Riau akan rampung pada 28 Maret 2020 mendatang. Hal ini dikatakan Jokowi dalam video teleconferance, Jumat (20/3/2020).

“Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu 28 Maret 2020,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut, Pulau Sebaru dan RS Khusus di Pulau Galang, Kepulauan Riau disiapkan untuk ruang karantina hingga isolasi pasien yang terinfeksi Virus Corona.

“Pulau Sebaru dan Pulau Galang juga disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi dan isolasi,” ucap dia.

Selain itu, pemerintah juga sedang menyiapkan sarana untuk penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Nantinya mulai 21 Maret 2020, Wisma Atlet Kemayoran akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien terinfeksi corona.

“Pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit. Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi pada nanti sabtu malam 21 Maret 2020,” kata dia.

Selain itu, Jokowi memastikan bakal menambah kapasitas rumah sakit rujukan, baik dari sisi peralatan, obat, hingga sumber daya manusia.

“Kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah. Baik dari sisi ruang, sisi peralatan, obat dan SDM. Rumah sakit TNI, Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit BUMN yang ada did aerah2 terinfeksi juga telah disiapkan sebagai RS Covid-19,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *