Pemerintah Luncurkan Situs Resmi Kartu Prakerja

Pemerintah Luncurkan Situs Resmi Kartu Prakerja

Suarayogyakarta.com Pemerintah telah meluncurkan situs resmi Kartu Prakerja yang dapat diakses secara luas oleh seluruh masyarakat Indonesia. Peluncuran situs resmi ini dianggap menjadi satu langkah konkret dalam mewujudkan janji presiden saat kampanye lalu.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, peluncuran situs ini juga disertai kerjasama dengan beberapa start-up digital untuk menyediakan pelatihan. Tujuannya, agar memudahkan masyarakat dalam mengakses manfaat yang diberikan Kartu Prakerja ini.

“Kartu Prakerja ini sesuai dengan Perpres Nomor 36 Tahun 2020, merupakan bantuan biaya pelatihan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan ataupun yang tidak sedang mencari pekerjaan. Baik itu buruh, karyawan, korban PHK, maupun lulusan SMA ataupun kejuruan, yang berusia 18 tahun ke atas yang tidak sedang sekolah atau kuliah itu boleh mendaftar,” katanya di Jakarta, Jumat (20/3).

Airlangga menegaskan, para pencari kerja muda, jadi prioritas utama dalam program Kartu Prakerja ini. Pasalnya, sekitar 3,7 juta pencari kerja berusia 18 hingga 24 tahun, 64% di antaranya tinggal di perkotaan dan 78% berpendidikan SMA ke atas.

“Pemerintah menyadari bahwa 90% dari mereka tidak pernah mengikuti pelatihan yang bersertifikasi. Dengan bantuan pemerintah diharapkan tenaga kerja muda ini dapat lebih kompeten, berdaya saing produktif, dan pelatihannya adalah milik sendiri sesuai dengan minat yang diharapkan,” ujarnya.

Airlangga menjelaskan, anggaran yang diberikan pada pengguna manfaat Kartu Prakerja berkisar antara Rp3 juta hingga Rp7 juta. Besaran ini dinilai cukup untuk mendapat pelatihan lewat platform digital lebih dari satu kali.

“Mekanismenya adalah setiap calon untuk yang ingin dilatih itu memiliki pagu atau plafon untuk belanja di platform digital ataupun marketplace sesuai dengan keinginannya. Marketplace diharapkan bisa dipakai agar mudah untuk mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi terhadap berbagai lembaga pelatihan,” tambahnya.

Adapun mitra resmi Kartu Prakerja, antara lain Tokopedia, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Ruangguru, Haruka EDU, Sekolah.mu, Sisnaker, Telkom Indonesia, Link Aja, OVO, dan Bank Negara Indonesia. Situs resmi Kartu Prakerja bisa diakses di www.prakerja.go.id atau akun Instagram @prakerja.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *