Rais `Aam PBNU: Islam Sangat Peduli dengan Ekonomi Kerakyatan

Rais `Aam PBNU: Islam Sangat Peduli dengan Ekonomi Kerakyatan

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Miftachul Akhyar mengungkapkan bahwa Islam sangat peduli dengan ekonomi kerakyatan. Kepedulian itu kemudian diwujudkan dalam rangka menjadi khalifah di bumi.

Kiai Miftah menjelaskan beberapa ayat Al-Qur`an dan Hadits yang berkenaan dengan ekonomi. Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi keynote speaker dalam diskusi virtual bertajuk `Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Rakyat`, Rabu, 26 Agustus 2020.

“Di dalam Al-A’raf ayat 10, Allah berfirman: sesunguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagi kalian di muka bumi itu sumber penghidupan. Ini artinya, Islam sangat peduli dengan ekonomi,” jelas Kiai Miftah.

Menurutnya, kalau ekonomi umat menjadi lemah, maka tidak akan bisa pula mewujudkan khalifatullah fil ardh, sebagai firman Allah yang membanggakan di depan para malaikat.

“Khalifah adalah manusia berkemampuan untuk merekayasa, mengaktualisasikan, dan bisa mengeskplor sumber-sumber apa pun yang maslahat dan manfaat bagi hamba Allah di permukaan bumi ini,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Surabaya, Jawa Timur ini.

Ia mengungkapkan sebuah hadits Rasulullah yang berbunyi: manakala kiamat sudah sangat dekat dan di tangan kalian ada sebuah benih atau biji yang siap untuk ditanam, maka tanamlah. Karena besok atau lusa masih ada yang ingin dan bisa memanfaatkannya.

“Artinya, biji yang ditanam itu akan berguna bagi generasi-generasi mendatang. Walaupun, si penanam itu sendiri tidak akan merasakan manfaatnya, tapi generasi yang akan datanglah yang akan merasakan,” jelasnya.

Di riwayat lain disebutkan, lanjut Kiai Miftah, bahwa Allah sangat cinta pada hamba-Nya yang ingin menggali dan bekerja untuk mewujdukan perekonomian keumatan ini. Sahabat Umar sendiri pernah berkata, “Saya sangat benci pada seseorang yang sudah tidak lagi mengurusi dunianya juga tidak mengurusi akhiratnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *