Categories Uncategorized

Ponpes Sunan Kalijaga Berharap Cinta Kasih Natal Pererat Persaudaraan

Keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Kalijaga, Gesikan, Bantul turut mengucapkan selamat Natal kepada umat Nasrani yang merayakan. Lewat tema Natal 2021 yang mengangkat unsur cinta kasih yang menggerakkan persaudaraan, KH Benny Susanto SAg menilai, kedua unsur itu penting dan amat bermakna bagi umat manusia di manapun berada.

“Tanpa membedakan ras, suku, golongan dan agama, melalui cinta kasih atau rahmat (Islam) seluruh umat manusia bisa hidup berdampingan, bersaudara dengan aman dan nyaman. Betapa nikmat cinta kasih Tuhan Yang Maha Esa telah mempertemukan umat manusia menjadi bersaudara, tanpa berprasangka buruk, menebar kebencian dan permusuhan,” katanya.

Benny Susanto menyatakan, titik temu jelas sangat mendasar dan urgen untuk terus ditumbuhkankembangkan di tengah suasana media sosial yang dipenuhi nafsu prasangka, kebencian dan permusuhan dengan dalih sosial-politik dan paham keagamaan yang dangkal.

Rajutan persaudaraan atas kemanusiaan (ukhuwah insaaniyah), kebangsaan (ukhuwah wathoniyah) dan keagamaan (ukhuwah Islamiyah, diniyyah) perlu dipahami dan diimplementasikan secara simultan, tidak parsial, hanya satu dan meninggalkan yang lain.

“Sebagai bagian entitas kecil, sesama warga bangsa, Ponpes Sunan Kaliaga Gesikan sangat merasakan betapa nikmat cinta kasih sangat berharga bagi kemanusiaan dan ke-Indonesia-an,” ujarnya.

Terbukti di tengah situasi pandemi Covid-19 dan kenormalan baru, spirit cinta kasih telah menggerakkan warga, tanpa memandang perbedaan agama, ras, suku dan golongan untuk saling bekerja sama dan tolong-menolong. Mustahil pemerintah dan stakeholder terkait dapat bangkit, melawan pandemi tanpa dukungan, partisipasi dan kerja sama elemen masyarakat.

“Secara teologi, iman mengajarkan bahwa rahmat dan berkat Tuhan akan turun, meluas atas umat yang saling mengasihi, tolong menolong dan bekerja sama dalam kebajikan, bukan umat yang saling membenci dan bermusuhan,” terangnya.

Oleh karena itu, Ponpes Sunan Kalijaga berharap perayaan dan ibadah Natal 2021 yang lancar, khidmat, aman dan nyaman akan melimpahkan rahmat dan berkat Tuhan Yang Maha Kasih bagi seluruh bangsa dan negara Indonesia.

“Spirit kasih, toleransi dan kerja sama umat manusia dipastikan lebih mendatangkan berkat dan rahmat, dari pada intoleransi, sikap ekstrim yang bisa mendatangkan petaka kebencian dan permusuhan,” papar Benny.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *