Politikus PDIP Percaya BPIP Akan Perkuat Sistem Kelembagaan

Politikus PDIP Percaya BPIP Akan Perkuat Sistem Kelembagaan

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan, menjelaskan fungsi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tidak hanya untuk membumikan Pancasila, namun lebih dari itu, kehadirannya juga bertujuan menguatkan sistem kelembagaan negara.

“Kehadiran BPIP ditujukan tidak hanya untuk membumikan nilai-nilai Pancasila pada seluruh sendi-sendi kehidupan, akan tetapi diharapkan akan menjadi penguatan sistem dan kelembagaan,” papar Arteria.

Kendati demikian, BPIP mengemban tugas yang fundamental yang saat ini diemban oleh BPIP. Arteria menegaskan kegiatan membumikan nilai Pancasila yang selama ini terpendam membutuhkan dukungan yang serius dari semua elemen bangsa. Untuk itu, ia mengajak semua pihak agar bahu-membahu mensiarkan nilai Pancasila agar implementasi dari ajarannya benar-benar terwujud dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Wakil Ketua BPIP Prof Hariyono mengatakan seluruh pihak yang ada dalam lingkungan lembaga negara harus sadar bahwa mereka bukan sekadar lembaga yang fokus pada misi politik maupun ekonomi, namun juga memiliki misi sosial dan misi kebangsaan yang wajib dilaksanakan.

Upaya pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila, kata dia, merupakan tanggungjawab semua pihak, termasuk masyarakat dan penyelenggara negara.

“Jangan sampai kita menuntut masyarakat harus pancasilais, tapi justru lembaga-lembaga negara itu kurang memerhatikan nilai-nilai Pancasila,” kata Hariyono.

Sepakat dengan Prof Hariyono, Arteria mengatakan, Pancasila menurutnya adalah kebutuhan. Bangsa besar yang beragam suku, adat istiadat, dan bahasa seperti Indonesia, sulit dibayangkan akan bersatu jika masing-masing entitas daerah itu tidak punya pegangan satu ideologi.

“Terlebih memiliki kondisi geografis yang bercorak kepulauan sekaligus agraris. Belum lagi dengan posisi geopolitik kita yang sangat strategis,” tutup Anggota Komisi III DPR ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *