Categories Politik

Perppu Cipta Kerja Dinilai Menjamin Kesejahteraan Buruh

Suarayogyakarta – Penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja atau Perppu Cipta Kerja yang telah ditanda tangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Desember 2022 lalu, dinilai menjamin kesejahteraan buruh.

Anggota Komisi XI DPR Puteri Komarudin mengatakan hakikat utama dari Perppu Cipta Kerja adalah menjamin kesejahteraan kalangan buruh.

“Esensi Perppu Cipta Kerja adalah menyempurnakan substansi dalam UU Cipta Kerja dan berupaya menjamin kesejahteraan buruh,” kata Puteri dilansir dari Antara, Jumat (20/1/2023).

uteri mengatakan, polemik atas terbitnya aturan hukum yang baru ini merupakan bagian dari dinamika sebuah kebijakan. Namun yang pasti, Perppu ini dinilainya justru menunjukkan keberpihakan terhadap kalangan buruh.

“Kepastian hukum melalui penerbitan ini diharapkan dapat segera terwujud. Artinya, Perppu ini dapat segera dilaksanakan dengan optimal melalui berbagai peraturan pelaksana yang diperlukan,” tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor menjelaskan stabilitas ekonomi menjadi urgensi penerbitan Perppu Cipta Kerja.

“Iya sesuai dengan apa yang dikeluarkan pemerintah, Perppu ini kan untuk menciptakan kestabilan dari soal pekerja dan upah ya. Ada aturan aturan itu di ketenagakerjaan. Mudah-mudahan ini adalah turunan-turunannya memang berkesinambungan sehingga Peppu Cipta Kerja ini bisa menjadi penyangga untuk produk undang-undang kedepannya,” kata Afriansyah Noor, di kantor B Universe, Rabu (18/1/2023).

Wamenaker Afriansyah Noor menambahkan, Perppu Cipta Kerja juga berperan menjaga stabilitas ketenagakerjaan dan pengupahaan.

“Memang kemarin kan ada PP nomor 36. PP ini kita buat adalah Perppu nomor 2 tahun 2022, sehingga apa yang dikhawatirkan untuk menjaga stabilitas inflasi nantinya terjaga dengan adanya aturan ini,” tambahnya.

Menurut Afriansyah, pemerintah menerbitkan Perppu untuk mengisi kekosongan hukum Undang-Undang Cipta Kerja, sebagai payung hukum mengantisipasi dampak dinamika terhadap ekonomi global.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *