Pemprov Papua Akan Sediakan PCR pada Setiap Rumah Sakit

Pemprov Papua Akan Sediakan PCR pada Setiap Rumah Sakit

Suarayogyakarta.com – Pemerintah Provinsi Papua akan menyediakan polymerase chain reaction (PCR) dan dibagikan pada setiap rumah sakit.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menyebutkan saat ini PCR memang menjadi kendala dalam penanganan corona Covid-19. Ia yakin, jika PCR disediakan pada setiap rumah sakit, maka tak ada lagi keterlambatan pemeriksaan sampel swab.

“Pemerintah segera memesan alat PCR untuk dibagikan pada setiap rumah sakit yang ada,” jelasnya di Jayapura

Dalam pertemuan dengan manajemen lima rumah sakit di Kota Jayapura, Klemen berharap adanya penyamaan persepsi penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota, agar pelayanan lebih meningkat dan membaik.

Klemen menuturkan seperti di RS Yowari yang tadinya terbatas kamar untuk isolasi karena bertambah pasien positif Covid -19, sehingga ruangannya ditambah, begitu juga dengan rumah sakit lainnya.

Lalu di RS Angkatan Laut dan Rumah Sakit Yowari yang kekurangan pasokan air. Untuk itu, Pemprov Papua telah menyurat terkait kendala tersebut ke PDAM Jayapura.

“Lalu di Rumah Sakit Bayangkara, akomodasi tetap akan dibantu oleh pemerintah, termasuk Rumah Sakit Marthen Indey yang UGD-nya akan kami bantu juga,” jelas Klemen, Senin 29 Juni 2020.

Pemprov Papua juga akan membuka UGD pada gedung baru berlantai 4. Sedangkan gedung lama akan digunakan untuk penanganan Covid-19.

“Nantinya ruangan isolasi untuk OTG dan PDP jangan lagi di rumah sakit, tapi ditampung pada lokasi karantina terpusat yang sudah disiapkan pemerintah. Jadi hanya pasien positif Covid-19 saja yang ada di rumah sakit,” ujarnya.

Klemen berharap komunikasi dan pelayanan harus dilakukan dengan baik antar rumah sakit dan pemerintah daerah. Hal ini juga berlaku untuk puskesmas yang bertugas melayani masyarakat pada garda terdepan. Sehingga jika masyarakat ada yang sakit, tak perlu lagi datang ke rumah sakit.

“Kecuali pasien memerlukan penanganan yang lebih lanjut, nanti dokter juga memberikan rujukan,” ujarnya.

Source : kabarpapua.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *