Pemerintah Siapkan GOR bagi Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Pemerintah Siapkan GOR bagi Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Pemerintah menyatakan telah menyiapkan sejumlah fasilitas umum seperti gedung olahraga (GOR) sebagai tempat tinggal sementara bagi warga terdampak virus corona (Covid-19) yang terpaksa kehilangan tempat tinggalnya.

Juru bicara pemerintah khusus penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan, banyak warga di beberapa daerah, khususnya Jakarta, tak punya tempat tinggal karen akehilangan penghasilan imbas pandemi virus corona.

“Pemerintah telah menyiapkan beberapa fasilitas umum, di antaranya gedung olahraga untuk sementara digunakan sebagai tempat tinggal agar tidak telantar di luar rumah dan potensi tertular penyakit ini,” ujar Yurianto dalam jumpa pers di gedung BNPB Jakarta yang disiarkan secara daring, Jumat (1/5).

Selain gedung olahraga, Yurianto mengatakan, banyak relawan maupun pengusaha yang turut membantu menyediakan asrama bagi tenaga kesehatan usai menangani pasien covid-19.

“Mereka beri asrama sementara, tempat transit sementara bagi tenaga kesehatan yang telah mengerjakan pekerjaannya di rumah sakit,” katanya.

Sebelumnya sejumlah pemerintah daerah juga telah menyediakan gedung olahraga bagi warga terdampak Covid-19. Salah satunya di Jakarta Timur.

Namun penyediaan gedung olahraga ini dikhususkan sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien covid-19, bukan untuk tempat tinggal sementara.

Tercatat ada delapan gedung olahraga dan 23 sasana krida yang disiapkan untuk mengantisipasi membludaknya pasien Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *