Pemerintah Percepat Penyaluran Sembako Covid-19 di Papua

Pemerintah Percepat Penyaluran Sembako Covid-19 di Papua

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyampaikan perkambangan terkini penyaluran bantuan sosial (bansos) selama pandemi virus corona (Covid).

Pemerintah memberikan bansos kepada keluarga terdampak corona dalam program jaring pengaman sosial kepada 10 juta untuk Program Keluarga Harapan (PKH), dan 20 juta keluarga penerima manfaat bantuan nontunai dari kartu sembako.

Selain itu, program jaring pengaman sosial juga menggratiskan tarif listrik 31 juta keluarga untuk daya 450 kV. Sedangkan keluarga pengguna daya 900 kV dapat diskon 50%. Kemudian, bansos nonreguler yang bersumber dari anggaran Kemensos, Kemendes, Pemprov, hingga kabupaten/kota.

“Melalui bansos Covid dan dukungan BLT desa pemerintah berikan perlindungan sosial kepada 60 persen keluarga Indonesia yang terdampak ekonomi sosial. Ini bersumber dari bansos Kemensos dan BLT Kemendes. Belum termasuk bansos daerah baik yang kabupaten/kota atau provinsi,” kata Muhadjir dalam konfrensi pers virtual, Rabu (17/6/2020).

Ia menambahkan, pemerintah memperpanjang pemberian bantuan kepada keluarga yang terdampak corona hingga Desember mendatang untuk memulihkan ekonomi nasional.

“Kecuali BLT desa sampai September 2020. Nilainya juga berkurang dari Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per bulan,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah telah mempercepat pemberian bantuan sembako kepada 1,1 juta keluarga penerima manfaat yang ada di Papua dan Papua Barat, hingga mempercepat penyaluran bansos tunai ke tiga wilayah klaster yang ada di Maluku, Papua, dan Papua Barat.

“Percepatan penyaluran token untuk pelanggan listrik prabayar di area yang sulit diakses dan perbaikan ketepatan sasaran dalam setiap tahap penyaluran,” jelasnya.

Ia menambahkan, progres penyaluran bansos telah berlangsung 80-100 persen. Menurut dia, percepatan penyaluran ini lantaran adanya kerja sama yang baik dari pemerintah dan pemda.

“Kemudian kerja keras jajaran Kemensos dan Kemendes. Karena itu saya ucapkan banyak terimakasih kepada Pak Mensos dan Pak Mendes. Dan tentu saja patner yang selama ini telah mendukung kegiatan ini mudah-mudahan ke depan bisa dilaksanakan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *