Pemerintah: Kepatuhan Masyarakat Kunci Keberhasilan Tangani Covid-19

Pemerintah: Kepatuhan Masyarakat Kunci Keberhasilan Tangani Covid-19

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto menjelaskan bahwa kepatuhan dan kedislipinan masyarakat menjadi kunci kesuksesan lepas dari Pandemi Covid-19.

“Kepatuhan dan disiplin masyarakat menjadi sangat penting. Kami akan menegakkan (sanksi) secara hukum manakala hal-hal yang sudah dipahami masih juga dihilangkan,” jelas Yuri dalam konferensi pers virtual di Youtube BNPB, Jumat (1/5/2020).

Yuri juga memintab masyarakat turut serta dalam kontrol penyaluran dana bantuan dari pemerintah. Hal tersebut dilakukan agar bantuan yang sudah dianggarkan pemerintah bisa sampai tepat sasaran.

“Simulus ekonomi yang telah diberikan oleh pemerintah, harus kita kontrol bersama untuk tepat sasaran, sehingga kita bisa melaksanakan PSBB dengan cara yang baik dan fokus kita untuk memutus rantai Covid-19 bisa dilaksanakan secara maksimal,” jelasnya.

Oleh karena itu, jelas Yuri, kebersamaan, gotong royong dan saling bertoleransi dengan semangat untuk saling melindungi, menjadi kunci sukses dalam menangani Covid-19 di beberapa kota, khususnya di Jakarta.

“Kita sudah melihat dampak ekonomi pada saudara-saudara kita yang terpaksa tidak bisa menempati tempat tinggal yang sewajarnya. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan beberapa fasilitas umum diantaranya adalah gedung olahraga untuk sementara digunakan sebagai tempat tinggal, agar kemudian tidak menjadi terlantar di luar rumah dan akan berpotensi tertular penyakit ini,” paparnya.

Diketahui, jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Indonesia hingga hari ini pukul 15.30 WIB sudah mencapai 10.551 orang. Sebanyak 1.591 di antaranya sudah sembuh, dan yang meninggal 800 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *