Jokowi: Saya Kerahkan Seluruh Kekuatan Hadapi Virus Corona

Jokowi: Saya Kerahkan Seluruh Kekuatan Hadapi Virus Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah mengerahkan seluruh kekuatan untuk menghadapi virus corona yang telah mewabah ke hampir 180 negara.

“Untuk mengatasi kesulitan ini. Baik permasalahan kesehatan dan masalah sosial ekonomi yang mengikutinya,” tegas Jokowi dalam konferensi pers, Jumat (20/3).

Kepada pemerintah daerah, Jokowi meminta penegakan protokol kesehatan yang ketat untuk mengurangi penularan covid- 19.

“Dan bagi daerah atau lingkungan yang telah terinfeksi agar membantu saudara-saudara yang terinfeksi untuk memberi bantuan,” tegas Jokowi.

Kesiapan pemerintah, lanjut Jokowi, termasuk terhadap Pulau Sebaru dan Pulau galang yang disiapkan untuk menjadi ruang karantina observasi isolasi.

“Pulau Galang sleesai dibangun 28 maret 2020. Sementara itu kapasitas RS rujukan akan terus ditambah baik dari sisi ruang peralatan obat dan SDM,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia harus saling mengingatkan untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

“Jangan ragu menegur orang yang tidak disiplin menjaga jarakdanabaikesehatannya. Bagi yang terbukti terinfeksi atau menduga terinfeksi segera isolasi diri dan jaga kesehatan,”tegas Jokowi.

Jokowi juga sebelumnya telah melakukan rapid test, dengan memprioritaskan kepada daerah yang merah, atau terdapat penyebaran tinggi virus corona.

Hingga Kamis (19/3), pemerintah mengumumkan 309 orang dinyatakan positif corona. 25 pasien dikabarkan meninggal dunia, dan 15 orang lainnya dinyatakan sembuh. Juru Bicara Pemerintah untuk Corona, Achmad Yurianto mengatakan pemerintah tetap melakukan tracing untuk mencegah penyebaran berkelanjutan.

“Masyarakat diharapkan melaksanakan imbauan pemerintah untuk social distancing,” kata Yuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *