154 lulusan SMK lulus seleksi administrasi beasiswa Otsus Papua

154 lulusan SMK lulus seleksi administrasi beasiswa Otsus Papua

Pemerintah Provinsi Papua kembali mengumumkan 154 siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan yang akan menjadi penerima beasiswa Otonomi Khusus Papua. Sejumlah 154 pelajar itu dinyatakan lulus administrasi penerimaan Siswa Unggul Papua Bidang Vokasi 2020.

Dalam pengumuman Nomor: 421.1/18035/SET yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, sejumlah 154 siswa dinyatakan lolos seleksi administrasi program Siswa Unggul Papua (SUP). Mereka selanjutnya bakal mengikuti seleksi lanjutan yang akan diselenggarakan pada 8-9 Oktober 2020.

“Ditujukan kepada peserta seleksi Siswa Unggul Papua Bidang Vokasi tahun 2020 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, agar menyiapkan diri mengikuti seleksi lanjutan,” demikian isi pengumuman yang ditandatangani Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Papua, Doren Wakerkwa di Kota Jayapura, Papua, pada Jumat (3/10/2020).

Seleksi lanjutan pada 8-9 Oktober 2020 itu akan digelar di gedung SMK Negeri 2 Kotaraja Kota Jayapura. Materi seleksi itu berapa Tes Potensi Akademik (TPA) yang terdiri dari tes Verbal dan Numerik, kemudian tes bahasa Inggris dasar.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen mengatakan, penerimaan siswa unggul Papua Bidang Vokasi merupakan program baru yang mulai digagas tahun ini. Program itu bertujuan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi internasional.

“Sebelumnya program SUP digabung antara pelajar SMU dan SMK. Namun tahun ini dipisah,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *