Yayasan KH Abdul Wahab Chasbullah Akan Dilaunching Bersama Wapres RI

Yayasan KH Abdul Wahab Chasbullah Akan Dilaunching Bersama Wapres RI

Pemikiran pendiri Nahdlatul Ulama KH Abdul Wahab Chasbullah masih sangat relevan hingga era saat ini. Untuk membumikan pemikiran Kiai Wahab itu, para dzuriyahnya membentuk Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation. Rencananya, yayasan tersebut akan dilaunching secara virtual dan diikuti oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin. 

Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation merupakan yayasan yang dibentuk oleh para anak cucu keturunan atau dzuriyah Mbah Wahab (sebutan Kiai Wahab Chasbullah). Yayasan ini sebagai wadah atau ruang gagasan bagi anak cucu Kiai Wahab bersama masyarakat.  

Tujuannya untuk melanjutkan dakwah dan perjuangan Kiai Wahab dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera lahir dan batin.  

“Ya, untuk mewujudkan nilai dan cita-cita perjuangan KH Abdul Wahab Chasbullah dalam memajukan kemaslahatan masyarakat Indonesia. Seperti bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya, agar tercipta semangat berkarya yang berdaya saing di era kemajuan teknologi dan globalisasi,” terang Pembina Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation, KH M Hasib Wahab kepada wartawan, Minggu (30/8) siang.  

Dikatakan Kiai Hasib, pemikiran Kiai Wahab sudah banyak menyumbang kepentingan bangsa dan negara. Mulai dari perjuangan menuju kemerdekaan hingga perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Pada nasionalismenya, kata Kiai Hasib, Kiai Wahab terlibat aktif dalam berbagai forum diskusi dalam wadah Indonesische Studie Club (ISC) yang didirikan Soetomo pada tahun 1924 di Surabaya. Pemikiran Mbah Wahab turut menyumbang merumuskan langkah dan strategi dalam membangun nasionalisme bangsa. 

Sedangkan di lingkungan pesantren, Mbah Wahab juga menjadi salah satu ulama perintis organisasi terbesar di negeri ini, yakni Nahdlatul Ulama (NU). Pemikiran Mbah Wahab ini lah, kemudian juga mendapatkan apresiasi tinggi oleh pimpinan negara. 

“Kontribusi dan karya-karya KH Abdul Wahab Chasbullah untuk bangsa Indonesia sudah tidak bisa dihitung dan diragukan lagi. Pada akhirnya tepat pada 7 November 2014, Presiden Joko Widodo atas nama bangsa Indonesia memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional,” kata Kiai Hasib, yang juga salah satu putra Mbah Wahab. 

Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation ini akan diluncurkan pada Minggu (30/8) malam nanti. Dikabarkan, peluncuran yayasan ini akan diikuti oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin secara virtual.  

Ketua Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation Dr Jaenal Effendi menerangkan, acara launching ini rencananya akan dihadiri oleh beberapa tokoh. Baik hadir secara virtual maupun tatap muka. 

Tokoh-tokoh yang dikabarkan mengikuti launching Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation ini seperti, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan pengurus NU dari daerah hingga pusat. Antara lain, Ketua Umum Tanfidziyah PBNU KH Said Agil Siradj, Pj Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.  

“Selain para tokoh tersebut, acara ini juga akan dihadiri langsung oleh Gus Muwafiq, yang nantinya akan memberikan mauidloh hasanah,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *