Warganet Dukung PON 2020 sebagai Momentum Pembangunan Papua

Warganet Dukung PON 2020 sebagai Momentum Pembangunan Papua

Suarayogyakarta.com – Tahun 2020 ini warga Papua wajib berbahagia. Pasalnya di bumi cendrawasih ini akan diselenggarakan pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON).

Selain menjadi ajang kompetisi olahraga yang dapat membuktikan talenta-talenta terbaik olah raga Papua, pelaksanaan PON di Papua ini juga dinilai mampu mendongkrak destinasi wisata dan roda perekonomian warga Papua. Sehingga menjadi momentum kebanggaan pembangunan untuk Papua.

Hal ini penting karena PON XX Tahun 2020 akan dihadiri sekitar 18.000 atlet dan ofisial. Tentunya dengan kehadiran ini dapat memicu transaksi dagang terhadap kerajinan tangan, pertanian, dan perkebunan serta produk keunggulan lokal lainnya dari Papua.

Seiring masih adanya bayang-bayang isu keamanan yang kerap terjadi sejumlah kontak senjata antara aparat keamanan dan kelompok kriminal bersenjata yang ingin menggangu kedamaian dan pembangunan bumi Cendrawasih, pihak TNI, Polri dan BIN telah menjamin dan.menyatakan bahwa pelaksanaan PON XX si Papua akan berlangsung aman dan lancar. Untuk itu guna mensukseskan perhelatan besar nasional ini diperlukan sinergitas antara Pemerintah pusat dan daerah bersama , TNI, Polri, BIN dan juga masyarakat, agar suksesnya PON di Papua ini bukan hanya sekadar sukses pelaksanaan saja tapi juga sukses prestasi olahraga serta sukses sebagai jembatan penyeimbang antara wilayah barat dan timur yang menjadi sebuah kebamggaan bangsa dimata dunia bahwa Pemerintah Indonesia sukses membangun Papua dan Papua Adalah Indonesia.

Diungkapkan oleh Hafyz Marshal, selaku Koordinator Nasional yang juga pendiri Forum Pegiat Media Sosial Independen (FMPSI), menurutnya dalam mensukseskan PON Papua diperlukan keseriusan dan kesadaran besar dari seluruh instrumen bangsa termasuk peran Warganet untuk bersatu membangun optimisme mendukung dan mensukseskan pesta olahraga terbesar Tanah Air tersebut demi persatuan dan kemajuan bangsa.

“Peran penting ini harus dijalankan dan menjadi kepedulian semua pihak supaya perhelatan PON ini bisa berjalan lancar dan sukses sehingga dampak positifnya bisa dirasakan juga oleh anak cucu generasi kedepan,” kata Hafiz.

Dirinya pun juga optimis, pelaksanaan PON Papua ini akan memberikan perubahan signifikan untuk Tanah Papua. Sehingga bumi cendrawasih tidak lagi di pandang sebelah mata dan dunia harus mengskui bahwa Indonesia bangsa yang besar dan maju.

“Di sini seluruh atlet bisa saling semangat dalam memupuk rasa persaudaraan. Ini juga merupakan ajang yang baik untuk membuktikan talenta talenta Indonesia khususnya Papua dalam berkompetisi yang berkualitas dengan menunjukkan segala kemampuan yang menjunjung tinggi rasa sportivitas tanpa menghilangkan rasa persaudaraan,” ungkapnya.

Sehingga dalam harapannya, FPMSI ingin perlehatan ini bisa sukses, tak hanya dari sisi penyelenggaraan dan prestasi tapi juga dimensi lainnya. Sebab menurut dia, PON Papua ini merupakan momentum perubahan dan kebanggaan Papua serta pembuktian komitmen Pemerintah Indonesia serius membangun dan memajuksn Papua kepada masyarakat internasional.

Sebagai wujud kongkrit FPMSI dan kalangan Warganet mendukung dan mensukseskan PON XX Tahun 2020 di Papua, koordinator aksi FPMSI yang juga Ketua FPMSI Rusdil Fikri menyatakan FPMSI akan menggelar kampanye literasi Warganet dengan memanfaatkan momentum Car Free Day (CFD) di Kota Jogjakarta dan berbagai aksi posting konten narasi positif kalangan Warganet di lini media publik dengan gunakan hashtag: #WarganetSukseskanPONPapua dan #PON2020KebanggaanBangsa sebagai wujud dukungan kalangan Netizen, Blogger, Youtuber dan Content Creator dalam mensukseskan penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Papua.

“Komitmen FPMSI bersama kalangan Warganet Jogjakarta dalam berkontribusi memajukan bangsa, maka untuk kesekian kalinya akan menggelar aksi kreatif melalui Kampanye Literasi dan Deklarasi serta Tanda Tangan Pada Spanduk Raksasa sebagai wujud dukungan Warganet dan Masyarakat mensukseskan PON XX Tahun 2020 di Papua dengan memanfaatkan Hari Bebas Berkendaraan (Car Free Day) pada Minggu, 23 Pebruari 2020 di Kota Jogjakarta dengan didukung oleh gerakan posting konten positip dimedia sosial dalam rangka membsngun optimisme masyarakat mewujudkan suksesnya perhelatan akbar olah raga nasional PON XX,” ungkap Rusdi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *