Skuat Garuda Select II Lebih Baik dari Angkatan Pertama, Mengapa?

Skuat Garuda Select II Lebih Baik dari Angkatan Pertama, Mengapa?

Memasuki bulan ketiga skuat Garuda Select II di Inggris, setidaknya sudah ada delapan laga uji coba yang dilakoni skuat asuhan Dennis Wise dan Des Walker. Jika dibandingkan dengan skuat angkatan perdana musim lalu, siapa yang lebih baik?

Skuat Garuda Select angkatan pertama dihuni oleh Bagus Kahfi dkk. Sebelumnya, mayoritas para pemain adalah alumni Timnas Indonesia U-16 di bawah asuhan pelatih Fakhri Husaini.

Sementara skuat Garuda Select II seluruhnya diambil dari hasil scouting Dennis Wise dan Des Walker ketika mengunjungi Indonesia, Juli 2019 lalu. Saat itu, keduanya turut memantau sejumlah laga dari kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019.

Praktis, para pemain Garuda Select angkatan kedua belum mengenal satu sama lain ketika tiba di Inggris, awal Oktober lalu, dan para pelatih pun maklum saat melihat para pemain belum sepenuhnya kompak ketika berada di lapangan hijau.

Lantas, jika berkaca pada hasil uji coba delapan laga yang sudah dilakoni skuat Garuda Select II, wajar kiranya jika ada asumsi yang menyebutkan penampilan anak muda Indonesia musim ini lebih baik dari sebelumnya.

Pada delapan laga awal uji coba Garuda Select angkatan pertama, Bagus Kahfi dkk. mampu meraih total empat kemenangan, dua hasil imbang dan dua kekalahan. Catatan yang sama juga dicapai skuat Garuda Select II sejauh ini.

Namun, menilik produktivitas gol di delapan laga awal, tampaknya skuat angkatan pertama meraih catatan lebih baik, dengan total perolehan 25 gol dan berbanding 14 gol yang baru dibukukan para juniornya.

Pertimbangan lainnya, tentu saja konsistensi penampilan skuat Garuda Select di laga uji coba. Pada angkatan pertama lalu, tampaknya konsistensi di setiap laga masih minim, sementara Garuda Select II memiliki catatan yang lebih baik.

Bahkan, baru-baru ini, Garuda Select II berhasil mencatatkan tiga kemenangan beruntun atas tim Inggris, sehingga layak jika dianggap memiliki perjalanan yang lebih baik dari para seniornya musim lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *