Siapkan Bermacam Stimulus, Pemerintah Dorong UMKM Kembali Memulai Usaha

Siapkan Bermacam Stimulus, Pemerintah Dorong UMKM Kembali Memulai Usaha

Pemerintah tengah mendorong pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) bisa kembali bergeliat. Pemerintah melalui kebijakan pemulihan ekonomi nasional menggelontorkan berbagai program untuk membantu UMKM agar kegiatan usaha bisa kembali dilakukan.

“Pemerintah sediakan restrukturisasi pinjaman, subsidi bunga dan pajak, serta modal kerja baru yang lebih murah bagi para UKM,” kata Menteri Koperasi dan UKM,┬áTeten Masduki, di Garut, Sabtu (11/7).

Menteri Teten menjelaskan saat ini banyak pengusaha UMKM yang belum tahu harus mengajukan penghapusan pajak atau restrukturisasi ke lembaga penyalur. Padahal, sangat bisa dilakukan untuk meringankan para UMKM.

“Pak presiden dan Menkeu minta kami untuk evaluasi efektivitas ini (bantuan UMKM), termasuk memungkinkan ada tambahan-tambahan program,” jelasnya.

Para pelaku UMKM sendiri diminta Menteri Teten agar segera memulai usaha. Diantara yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungkan usahanya dengan platform digital dan e-commerce. Menurutnya, sektor usaha yang terhubung dengan dua hal tersebut menjadi salah satu yang bertahan selama pandemi.

UMKM pun, menurutnya, bisa melakukan adaptasi bisnis dan melakukan inovasi pada produknya selama pandemi. Diantara produk yang bisa dibuat adalah makanan dan minuman, alat kesehatan dan olahraga, hingga hiburan.

“Kami ingin UMKM siap dengan kultur baru dari pasar yang memungkinkan senang belanja online. Cuma untuk masuk ke online tak sekedar terhubung karena saingan dengan brand besar,” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *