Selamat Tinggal Windows 7 !

Selamat Tinggal Windows 7 !

Microsoft mengumumkan Windows 7 akan berakhir hari ini, 14 Januari 2020. Pemberitahuan ini sebenarnya telah diumumkan beberapa hari sebelumnya. Sehubungan dengan pernyataan tersebut, sebagian masyarakat Indonesia tampaknya harus khawatir.

Sebab, sekitar 80 persen masyarakat Indonesia diketahui masih menggunakan Windows 7 ini. Meski nantinya masih tetap bisa diakses, namun sejumlah dampak dan risiko akan menghampiri perangkat lunak kalian.

Lantas seperti apa dampak dari Windows 7 berakhir? Simak ulasannya dari beberapa sumber berikut ini.

Dikutip dari Microsoft.com bahwa jika terus menggunakan Windows 7 setelah dukungan berakhir pada 14 Januari 2020, PC Anda masih dapat digunakan, tetapi dapat menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan. Jadi, pada dasarnya Windows 7 masih bisa diinstall dan diaktivasi. Namun, hal tersebut sangat berisiko terhadap keamanan, virus dan malware yang dapat masuk dalam sistem operasi.

Lalu bagaimana saran dari Microsoft?

1. Beralih ke Windows 10

Microsoft mengimbau pengguna Windows 7 untuk beralih ke Windows 10 yang mana tingkat keamanan dan fitur yang lebih terjamin daripada Windows 7. Pihak Microsoft terlihat sudah menarik biaya untuk setiap pengguna yang hendak memperbarui sistem operasi ke Windows 10. Kendati begitu, akses gratis untuk memperbarui dari Windows 7 masih bisa dilakukan menurut Forbes. Telah menjadi rahasia umum, Microsoft pernah memberikan akses gratis bagi pengguna yang ingin memperbarui sistem operasinya ke Windows 10. Akses tersebut diketahui dibuka hingga 2016, meski begitu menurut laporan terbaru, cara itu masih tetap bisa digunakan.

Untuk memperbaruinya, para pengguna hanya membutuhkan Windows 7 dan Windows 8 resmi di perangkat lunak masing-masing. Kemudian, kalian bisa mengunduh Media Creation Tool Windows 10 di dalam situs resminya. Setelah selesai mengunduh, buka dan pilih ‘setuju’ untuk semua lisensi yang nantinya ditampilkan.

Kemudian, kalian bisa memilih ‘Upgrade this PC now’ dan klik ‘Next’. Setelahnya, pilih ‘Keep personal files and apps’ agar memastikan data kalian tidak terhapus dan lanjut klik ‘Install’. Pasca proses instalasi selesai, buka ‘Settings’ dilanjutkan dengan klik ‘Windows Update’. Terakhir, pilih ‘Activation’ untuk mengaktifkan lisensi digital milik Windows 10.

2. Berganti ke perangkat yang telah memiliki sistem operasi Windows 10

Pada dasarnya, Microsoft tidak menganjurkan untuk memasang Windows 10 di perangkat lama pengguna. Sebab, sejumlah perangkat lama itu diketahui tidak kompatibel atau fitur tidak tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *