Presiden Jokowi: Obat Akan Sampai ke Rumah Warga di Wilayah Terinfeksi Corona

Presiden Jokowi: Obat Akan Sampai ke Rumah Warga di Wilayah Terinfeksi Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyiapkan obat untuk warga yang suspect virus corona. Obat-obatan tersebut akan diberikan oleh dokter keliling rumah sakit dan puskesmas di wilayah yang dianggap endemik wabah Covid-19.

Presiden mengatakan, ada beberapa jenis obat yang dianggap bisa mengatasi virus corona. Jenis obatnya dinilai ampuh berdasarkan hasil riset dan pengalaman beberapa negara sebelumnya.

“Obat tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling ke rumah-rumah, dari rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” kata Presiden Jokowi dalam unggahan akun Instagramnya @jokowi, Jumat (20/3/2020).

Menurut dia, beberapa jenis obat tersebut yakni Avigan dan Klorokuin. Presiden menyebut, jenis-jenis obat ini akan diresepkan bila diperlukan. BUMN Farmasi juga diinstruksikan untuk segera memperbanyak jenis obat ini.

“Pemerintah telah memesan dua juta Avigan dan menyiapkan tiga juta Klorokuin, yang akan diresepkan oleh dokter jika diperlukan,” ujar dia.

Kementerian Kominfo juga menyebut Klorokuin direkomendasikan menjadi bagian dalam proses penyembuhan Covid-19. Obat tersebut telah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *