Polisi Imbau Warga Tak Main Petasan Saat Merayakan Tahun Baru

Polisi Imbau Warga Tak Main Petasan Saat Merayakan Tahun Baru

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan petasan saat perayaan malam tahun baru 2020. Namun demikian, polisi mengizinkan penggunaan kembang api dengan ukuran khusus.

“Kembang api yang mengeluarkan percikan warna-warni yang letusannya ada di atas maupun yang tidak ada letusan,” kata Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (27/12).

Yusri menjelaskan larangan penggunaan petasan berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian, dan Pengamanan Bahan Peledak Komersial. Pasal 10 poin 5 aturan ini menyebutkan kembang api yang diizinkan memiliki ukuran khusus.

“Panjangnya adalah 2 inci sampai 8 inci itu aturan yang diperbolehkan,” sambung Yusri.

Sebelumnya diberitakan, 10 ribu personel gabungan akan diterjunkan untuk mengamankan malam pergantian tahun 2020 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Kekuatan personel selama operasi lilin jaya 2019 adalah hampir 10 ribu kekuatan gabungan. Ya di Jakarta, baik itu wilayah DKI Jakarta maupun beberapa wilayah Jawa Barat masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat (27/12).

Pihaknya juga sudah membagi personel ke beberapa titik yang akan digunakan untuk pesta pergantian tahun di Jakarta.

“Pusat keramaian itu nanti ada di Ancol, karena di sana akan ada tiga titik untuk pesta kembang api. Titik keramaian kedua ada di Bundaran HI juga itu ditempatkan nanti,” sambungnya.

Pada malam pergantian tahun, car free night akan berlangsung mulai dari Jalan MH Thamrin sampai Sudirman kemudian di Jalan Merdeka Selatan. Nantinya, di setiap perempatan akan didirikan panggung-panggung hiburan.

“Car free night dimulai jam 5 sore sampai pagi. Mulai jam 5 sudah kita tutup (akses jalan), ada beberapa daerah yang kita alihkan. Jadi setiap pertigaan sudah kita siapkan personel satlantas dan sabhara,” paparnya.

Pengamanan juga dilakukan di tempat lain seperti di Taman Mini. Polisi sudah berkoordinasi dengan TNI dan ormas untuk membantu pengamanan malam tahun baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *