Pentingnya Ideologi Pancasila di Era Digital

Pentingnya Ideologi Pancasila di Era Digital

Suarayogyakarta.com – Pemerintah harus membuat silabus nilai-nilai Pancasila yang dikemas berdasarkan demografi masyarakat, dalam pembinaan Ideologi Pancasila di era digital. 

Langkah ini sebagai cara untuk memupuk kembali Ideologi Pancasila, yang tergerus oleh digitalisasi.

Peran pancasila dalam pesatnya teknologi saat ini, kerap terabaikan. Padahal, Pancasila dapat membangun karakter positif dalam berprilaku di era digital, khususnya bersosial media.

Pengamat Politik Karyono Wibowo menilai, pemerintah, dalam hal ini badan pembinaan Ideologi Pancasila, BPIP, harus membuat silabus yang sesuai dengan karakter masyarakat, mulai dari kalangan milenial, hingga menyentuh masyarakat ber-pendidikan rendah.

BPIP dapat menggunakan instrumen riset, untuk menggali persepsi masyarakat, dalam memahami pentingnya Ideologi Pancasila di era digital.

Bicara pancasila di milenial tidak tepat jika filosofil dan teori. Narasinya dikemas sesuai dengan bahasa kalangan milenial.

Kemasayarakat ke pendidikan rendah. Perlu disederhanakan bahasanya. Kontennya. Terpenting pesan sampe dan dapat dipahami. Bisa dikemas dalam berbagai budaya dan bahasa. 

Jangan melalui pendekatan indoktrinasi. Di orde baru hanya sebagai dogma dan slogan. Alat untuk melemahkan rezim saat itu.

Sementara Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Saidurrahman mengklaim, pemerintah memiliki 2 arus utama, untuk kembali memupuk ideologi Pancasila. 

Mulai dari sektor pendidikan, hingga peran penting, badan pembinaan ideologi Pancasila.

Arus utama 2 jalur. Struktur dan kultur. Kultur ada media kampus pendidikan. Kalo struktur adalah BPIP. Kita berharap UU BPIP peran penting. Dengan ini kita akan on the track.

Tingginya nilai toleransi dalam bersikap, menjadi salah satu indikator keberhasilan meng-gaungkan ideologi pancasila di era digital. 

Namun, hal ini harus selaras dengan kebijakan pemerintah, yang menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *