Pemkab Sleman Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar

Pemkab Sleman Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar

SLEMAN – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DI Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Sleman kembali melaksanakan vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun bertajuk ‘Indonesia Sehat, Indonesia Hebat’.

Kali ini yang menjadi target sasaran adalah SMP N 4 Pakem dan SMP N 1 Sleman dengan total target pelajar sebanyak 1151 siswa.

Kepala BIN (Kabinda) DI Yogyakarta, Dr. Andry Wibowo mengatakan, pelaksanaan program vaksinasi bagi pelajar ini merupakan amanat langsung dari Presiden RI kepada Kepala BIN.

Upaya percepatan capaian vaksinasi terus dilakukan melalui sinergi Binda dengan pemerintah daerah agar target vaksinasi pemerintah dapat secepatnya tercapai.

Harapannya, proses belajar mengajar dapat segera dilaksanakan setelah diperoleh herd immunity yang mensyaratkan capaian vaksinasi di atas 70 persen.

“Sektor pendidikan ini kan satu di antara dua pilar penggerak pertumbuhan masyarakat di DI Yogyakarta, bersama dengan sektor pariwisata.

Nah dengan program vaksinasi yang bisa segera kita masifkan, dan kemudian terbentuk herd immunity, saya kira ini akan menjadi lokomotif kehidupan DI Yogyakarta ke depan,” ujar Andry Wibowo.https://d-27710951511133959726.ampproject.net/2107092322000/frame.html

Menurut Andry, dari segi kompetensi pendidikan pelajar ini tidak bisa hanya belajar secara daring.

Sebab dari segi pengetahuan mungkin masih ok, namun dari sisi karakter kebangsaan, dari sisi relasi sosial multikultural yang dibangun antar kawan, hanya bisa dibangun lewat kegiatan tatap muka.

“Termasuk pelajaran-pelajaran yang membutuhkan praktek, ini harus tatap muka,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, program vaksinasi ini nantinya juga akan dilaksanakan di kota/ kabupaten di wilayah DI Yogyakarta lainnya.

“Untuk wilayah kota Yogyakarta, sebelum tanggal 17 Agustus kita targetkan sudah 22 ribu siswa yang divaksin, paling tidak dosis pertama. Nah kalau di Sleman ini nantinya kita lihat lagi dengan ketersediaan vaksin, dan vaksinator. Mudah-mudah ini seiring antara kota dan Sleman,” ujarnya.

“Kami harapkan beberapa kabupaten lainnya untuk mendorong segera vaksinasi khususnya kepada pelajar 12-17 tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Pemkab Sleman terus mendukung program vaksinasi untuk melawan Covid-19.

“Peningkatan kasus Covid-19 di Sleman terus terjadi sehingga menyebabkan Sleman menjadi zona merah, sehingga intervensi percepatan vaksinasi perlu dilakukan untuk menciptakan kekebalan komunitas,” kata Kustini

Dengan adanya capaian vaksinasi yang tinggi dan terciptanya herd immunity diharapkan pembelajaran tatap muka dapat segera dilakukan.

Hal ini penting untuk dilakukan karena membentuk karakter anak/pelajar sulit jika hanya dilakukan secara daring.https://d-35249005874285198643.ampproject.net/2107092322000/frame.html

“Meski telah dilakukan vaksinasi, diharapkan protokol kesehatan ketat terus dilakukan”, tutupnya.

Kepala SMP 4 Pakem Ponidi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih dengan adanya pelaksanaan vaksinasi di sekolahnya yang diselenggarakan oleh Binda DIY dan Pemkab Sleman.

Pihaknya berharap agar seluruh siswa sekolah di Sleman dapat segera mendapatkan alokasi vaksinasi sehingga dapat menurunkan potensi penularan Covid-19 dan kegiatan belajar mengajar dapat segera dilakukan secara luring.

Demikian halnya dengan Kepala SMP N 1 Sleman Nurul Wahidach yang mengatakan sebagai salah satu sekolah menengah pertama dengan jumlah murid terbanyak di Sleman, pelaksanaan vaksinasi ini merupakan keinginan yang sudah lama ditunggu.

“Adanya program vaksinasi di sekolah yang diselenggarakan oleh Binda DIY dan Pemkab. Sleman diharapkan dapat menjadi jalan keluar dari pandemi sehingga aktivitas fisik belajar mengajar dapat segera dilakukan”, imbuhnya.

Sementara itu, Bagas salah satu murid penerima vaksin di SMP N 4 Pakem mengungkapkan bersyukur dengan adanya program vaksinasi pelajar di sekolahnya sehingga tidak perlu mengantri di fasilitas pelayanan kesehatan umum.

Dirinya juga mengajak teman-teman sebayanya untuk mengikuti program vaksinasi agar tidak mudah tertular Covid-19 dan dapat kembali belajar di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *