Pemkab Bantul Siapkan Regulasi Sambut Era Normal Baru

Pemkab Bantul Siapkan Regulasi Sambut Era Normal Baru

Meski masih menyiapkan regulasi dan petunjuk teknis (juknis), Pemkab Bantul tetap menunjukkan keseriusan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sekaligus menghadapi new normal atau era kenormalan baru. Hal ini diungkapkan oleh Sekda Bantul Helmi Jamharis, akhir pekan lalu.

Dijelaskan Helmi, sejumlah upaya awal terus dilakukan oleh Pemkab terkait dengan penerapan kenormalan baru. Tidak hanya menyiapkan regulasi dan petunjuk teknis, saat ini Pemkab mempersilakan kepada masyarakat untuk tetap beraktivitas.“Tentunya kami tetap meminta agar mayarakat selalu mengedepankan protokol kesehatan. Kami masih menyiapkan regulasinya,” kata Helmi.

Menurut dia, sebagai upaya mendukung regulasi yang disiapkan kini Pemkab Bantul berupaya mendorong warga untuk membangun kebiasaan yang engedepankan penerapan pola hidup sehat. Diharapkan langkah ini mampu memutus sekaligus mencegah penularan Covid-19.

Di sisi lain, langkah Pemkab ini bakal menghadapi banyak kendala. Sebab, kesadaran yang dimiliki oleh warga berbeda-beda. Alhasil, sosialisasi masif menjadi pilihan guna membangun kebiasan baru sekaligus menyiapkan diri menghadapi era kenormalan baru.

“Kami sosialisasikan kepada warga untuk terus membiasakan diri mencuci tangan dengan air mengalir, selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan menghindari kerumunan. Diharapkan hal ini menjadi kebiasaan sehingga begitu pemerintah menetapkan era kenormalan baru kebiasaan itu tetap dijaga,” kata Helmi.

Helmi menyadari kesuksesan penanganan Covid-19 dan penerapan era kenormalan baru sangat bergantung kepada masyarakat. Oleh karena itu, kebersamaan, kepedulian warga diharapkan mampu mendukung kesuksesan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bantul.

Di sisi lain kami juga mengalokasikan anggaran untuk warga terdampak dalam bentuk bantuan sosial tunai yang bersumber dari APBD Bantul. Kami harapkan warga percaya dan lebih dekat dengan kami. Ke depan Bantul akan memasuki era new normal, sehingga kami berharap warga punya semangat untuk meraih hal yang lebih baik dan punya kesadaran jika penanganan Covid-19 haru dilakukan bersama-sama,” ucap Helmi.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *