Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Maluku, Papua dan Papua Barat

Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Maluku, Papua dan Papua Barat

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan mempercepat penyaluran penyaluran bantuan sosial ( bansos) di wilayah Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Pemerintah melakukan percepatan pemenuhan pagu 20 juta penerima sembako serta percepatan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera bagi 1,1 juta penerima program sembako perluasan.

“Adapun provinsi yang perlu dilakukan percepatan penyaluran sembako adalah Provinsi Papua Barat dan Papua. Kemudian, percepatan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di wilayah kluster 3 terutama Maluku, Papua, dan Papua Barat,” ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (18/6/2020).

Sementara itu, Muhadjir menyebut saat 63.657 desa sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa kepada masyarakat.

Muhadjir mengatakan pemerintah akan melakukan langkah-langkah agar penyaluran BLT Dana Desa mencapai target 100 persen.

“Intinya masih perlu ada langkah-langkah yang lebih agresif agar target BLT Desa ini bisa mencapai 100 persen,” ucap Muhadjir.

Dirinya mengatakan pemerintah akan terus melakukan percepatan penyaluran bansos kepada masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi corona.

“Evaluasi hingga Juni 2020, progres penyaluran baik program reguler maupun nonreguler akan terus diperbaiki,” pungkas Muhadjir.

Seperti, saat ini realisasi penyaluran bansos per tahap satu di wilayah klaster 1 dan 2 sudah mencapai 80-95 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *