Pemerintah Pastikan Stok Beras Cukup hingga Jelang Lebaran

Pemerintah Pastikan Stok Beras Cukup hingga Jelang Lebaran

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memastikan ketersediaan stok beras sampai dengan menjelang Lebaran masih tercukupi. Hal itu dia sampaikan usai melangsungkan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dalam video conference.

“Untuk beras dalam 3 bulan ke depan sedang panen raya harapannya stok beras jelang Lebaran tercukupi,” kata Airlangga, Selasa (21/4).

Selain beras, beberapa komoditas pangan lainnya seperti jagung, bawang merah, bawang putih, cabai dan lainnya juga masih mencukupi. Apalagi pemerintah sudah membuka keran impor untuk beberapa komoditas seperti gula, sehingga secara keseluruhan masih aman.

Menko Airlangga mengatakan dari segi harga juga pemerintah memastikan masih tergolong aman dan belum lihat adanya perubahan. Misalnya untuk beras medium masih dipatok Rp 12.000 per liter, gula pasir Rp18.400 per kg, dan di ritel modern sekitar Rp12.500.

Di samping itu, harga daging sapi juga masih tergolong normal yakni Rp 117.000 per kg. Kemudian untuk cabai rawit dan bawang merah terpantau sebesar Rp43.000 per kg.

Selanjutnya, minyak goreng curah Rp12.450 per liter, minyak kemasan Rp14.000, perliter dan daging ayam Rp28.000 per potong.

“Secara keseluruhan bahan makanan relatif tersedia dan Presiden minta agar cadangan beras pemerintah diamankan,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *