Pemerintah Dukung Percepatan Pembuatan PCR Kit Dalam Neger

Pemerintah Dukung Percepatan Pembuatan PCR Kit Dalam Neger

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah mendukung penuh produksi PCR kit di dalam negeri.

Menurutnya, pemerintah sangat berkepentingan untuk memproteksi produk dalam negeri sehingga bisa diserap di pasar sendiri.

“Intinya kita punya semangat untuk memberikan proteksi produk dalam negeri. Misalnya Bio Farma bisa memproduksi dengan kapasitas maksimal, maka kita akan upayakan agar diserap di pasar,” ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020).

Muhadjir mengatakan pemerintah bakal mengurangi impor jika target pembuatan PCR lokal terpenuhi.

“Nanti kita akan memperkecil (impor) PCR dari luar. Sehingga jangan sampai itu menimbulkan pasar tidak sempurna. Itu (PCR kit dalam negeri) tentunya lebih murah dan lebih compatible dengan pasar Indonesia,” kata Muhadjir.

Saat ini kemampuan kemampuan produksi PCR kit oleh PT. Bio Farma sudah mencapai 50 ribu per minggu atau 200 ribu per bulan.

Sementara untuk mencukupi kebutuhan di Indonesia sendiri diperlukan minimal sebanyak satu juta PCR kit. 

Saat ini Pemerintah juga telah menyerahkan bekas laboratorium vaksin flu burung untuk mengoptimalkan produksi PCR kit dari dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *