Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa

Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa

Hari Lahir Pancasila 1 Juni perlu dimaknai secara khusus untuk mengingat bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa Indonesia. Selain itu, Pancasila sebagai pemantik jiwa sosial pemuda dan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh ketua umum KNPI Bandar Lampung Iqbal Ardiansyah ia berharap agar jiwa gotong royong, jiwa sosial pemuda agar tidak luntur di era digitalisasi saat ini.

“Konsen KNPI Bandar Lampung daru awal menimbulkan jiwa-jiwa pancasila kembali, mengajak masyarakat gotong royong, berjiwa sosial. Jiwa-jiwa seperti itu sudah mulai agak luntur,”ujarnya.

Pada saat ini, kata Iqbal, Pancasila menghadapi berbagai tantangan di tengah era digitalisasi dan derasnya arus informasi.

Kedepan yang akan di hadapi tantangan  pemuda, di era digitalisasi serba instan dan gampang justru itu bisa mengendurkan nilai-nilai pancasila.

“Dengan digitalisasi semua serba instan serba cepat akhirnya kita tidak saling kenal tetangga jiwa gotong-royong kita pasti luntur, tatanan pancasila sedikit-sedikit pasti luntur,” katanya.

Dia menambahkan, butuh kegiatan yang atraktif untuk makin mendekatkan anak muda dengan Pancasila.

Dengan demikian, Pancasila dapat benar-benar mewarnai setiap elemen bangsa termasuk generasi muda dalam bertindak dan juga berucap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *