Musisi Iwan Fals Kritisi Ceramah Rizieq Shihab

Musisi Iwan Fals Kritisi Ceramah Rizieq Shihab

Suarayogyakarta – Musisi legendaris Iwan Fals belum lama ini terlihat siaran langsung di media sosial. Dalam kesempatan itu Iwan menyapa para penggemar yang menyaksikan siarannya.

Pelantun lagu Bento ini sempat ditanya pendapatnya mengenai Habib Rizieq Shihab. Iwan lantas berujar soal ceramah Habib Rizieq yang dinilai keras dan seram.

“Tapi penganutnya banyak ya Habib Rizieq. Cuma kalo saya liat di YouTube, keras ya orangnya Habib Rizieq itu. Menggebu-gebu. Kalo marahi orang didengernya serem-serem gimana gitu, gimana ya,” ungkap Iwan sambil mengembuskan nafas panjang.

Iwan memaklumi bila ada orang yang memang menjadi pendukung setia Habib Rizieq. Namun Iwan merasa kurang cocok dengan gaya ceramah yang disampaikan Habib Rizieq.

“Terlalu keras buat saya. Apa karena umur saya segini atau gimana tapi saya nggak bisa masuk. Ya tiap orang seleranya lain-lain,” kata Iwan.

Iwan Fals lantas mengutarakan sosok ulama yang selalu menjadi panutannya. Iwan mengaku lebih suka dengan gaya ceramah almarhum mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid atau sering disapa Gus Dur.

“Saya suka kaya almarhum Gus Dur. Jadi bisa masuk gitu. Ga kasar gitu,” sebutnya.

Meski begitu Iwan enggan untuk membicarakan lebih jauh mengenai sosok Habib Rizieq. Ia merasa kurang pantas untuk membicarakan seorang ulama.

“Karena masih banyak alim ulama MUI, tokoh-tokoh berwibawa. Urusan kiai para kiai juga yang menjawab ini. Kalau saya ngamen, musik. Jawab soal urusan surga, rasanya aduh jauh kali ya. Apalagi untuk menilai Habib Rizieq,” ungkap Iwan.

“Cuma itu saya kurang sepakat dengan caranya ceramah. Terlalu keras buat saya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *