Kepala BPIP: Pancasila itu Mukjizat Ideologi Unik

Kepala BPIP: Pancasila itu Mukjizat Ideologi Unik

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyatakan, Pancasila mampu menyatukan Indonesia sebagai sebuah bangsa. Menyelamatkan Indonesia di tengah Perang Dunia II.

“Pancasila itu merupakan mukjizat ideologi unik, karena Pancasila mampu persatukan ideologi yang bertarung. Hebatnya itu terjadi di tengah kecamuk Perang Dunia II,” kata Yudian dalam seminar daring bertajuk “Pancasila Dalam Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”, Senin (8/6/2020).

Yudian menuturkan, dahulu Indonesia kerap dijajah akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan. “Tapi sejak 1 Juni 1945, kita mendapatkan ideologi pemersatu yaitu Pancasila. Sejak kelahirannya, Pancasila selalu berhadapan dengan masalah, tapi tetap persatukan dan selamatkan bangsa Indonesia,” tegas Yudian.

Yudian mengatakan kini Pancasila dihadapkan pada “perang dunia” secara medis yaitu pandemi Covid-19. “Kalau dulu militer, sekarang medis. Kita bisa melihat bahwa teknologi militer dilumpuhkan oleh Covid-19. Sekarang teknologi tercanggih tidak cukup untuk menghadapi persoalan ini,” ucap Yudian.

Menurut Yudian, seluruh komponen bangsa Indonesia dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah pandemi.
“Untuk hadapi Covid-19 ini, ada kata yang menjadi prinsip di masyarakat yaitu guyub. Mari kita tundukkan ego kita masing-masing. Ikuti protokol medis,” kata Yudian.

Yudian pun menyebut, “Dalam bahasa Islam namanya jihad akbar. Menguasasi diri sendiri. Menghadapi Covid-19 dengan berbekal sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Kita turunkan nafsu ego kita, dari situ kita kembali kepada keputusan bersama yang diwakili pemerintah. Jika kita bisa melakukan ini, maka kita akan berhasil. Jadi kembali ke normal.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *