Kemenkes Ingatkan Tata Cara Kerja saat Kenormalan Baru

Kemenkes Ingatkan Tata Cara Kerja saat Kenormalan Baru

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan masyarakat untuk membiasakan diri dengan kebiasaan baru saat memasuki massa kenormalan baru. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran virus korona (covid-19) saat bekerja.

“Pertama, saat perjalanan dari atau ke tempat kerja harus memastikan dalam kondisi sehat, menggunakan masker, dan jika menggunakan transportasi umum harus memperhatikan jaga jarak, kurangi menyentuh fasilitas umum, gunakan helm sendiri, dan upayakan membayar nontunai,” kata Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni, Sabtu (30/5).

Setibanya di tempat kerja pun harus langsung mencuci tangan. Lalu, pastikan menggunakan siku untuk menggunakan lift.

Selama massa kenormalan baru, masyarakat tetap harus memastikan untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak saat bekerja.

Lalu di tempat kerja harus membersihkan meja atau area kerja, kurangi menyentuh fasilitas atau peralatan bersama, usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ruangan, biasakan tidak berjabat tangan, dan masker tetap dipakai meski dalam ruangan kerja,” ujar Busroni.

Saat pulang ke rumah pun di perjalanan harus tetap menjaga jarak dan memastikan protokol kesehatan. Asal pegang benda saat gunakan transportasi umum harus bisa dihindari oleh pekerja saat kenormalan baru.

Setibanya di rumah jangan langsung bersentuhan dengan keluarga. Utamakan membersihkan diri usai sampai rumah.

Cuci pakaian dan masker dengan detergen. Sebelum buang masker sekali pakai, disobek dulu, lalu dibasahi dengan disinfektan. Lalu jangan lupa untuk bersihkan peralatan seperti ponsel, kacamata, dan tas jika diperlukan,” tutur Busroni.

Sumber: https://mediaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *