Kemendagri Ajak Semua Membangun Papua Dengan Narasi Positif

Kemendagri Ajak Semua Membangun Papua Dengan Narasi Positif

Suarayogyakarta.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), lewat Kapuspen Bahtiar mengajak seluruh elemen untuk bersatu membangun Papua, salah satunya dengan membangun narasi positif.

“Membangun Papua adalah pekerjaan bersama, maka pembangunan tersebut harus didukung dengan narasi positif dan berhenti untuk mengurangi narasi negatif atau segala sesuatu yang bisa menghambat pembangunan Papua,” ujar Bahtiar, Kamis (2/1/2020).

Lewat keterangan Puspen Kemendagri, Kapuspen sekali lagi mengatakan pihak Kemendagri telah berkomunikasi dengan jajaran Pemprov Papua untuk melakukan fungsi pembinaan, serta memercayakan pembinaan tersebut pada Pemprov Papua.

“Sesuai UU Pemda kita percayakan kepada Gubernur, kami sudah berkomunikasi dengan Pemprov Papua sebagai pembina dan pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Papua,” ujar Bahtiar.

Terkait pengunduran diri Wakil Bupati Nduga, pihaknya mengaku telah berkomunikasi dengan jajaran Pemprov Papua untuk melakukan fungsi pembinaan, serta memercayakan pembinaan tersebut pada Pemprov Papua.

Pemprov adalah wakil Pemerintah Pusat di daerah. Bahtiar mengatakan hingga saat ini surat pengunduran diri dari Wentius Nimiangge belum ada atau belum diterima oleh Pemerintah Provinsi maupun Kemendagri.

Adapun tatacara mengundurkan diri atau pengajuan berhenti Kepala Daerah/Wakil Kepala daerah diatur dalam Pasal 78 dan Pasal 79 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kapuspen Kemendagri juga mengimbau agar seluruh pihak meredam narasi negatif yang mampu memengaruhi pembangunan di Papua.

“Mari kita terus sebarkan rasa persaudaraan dan kedamaian. Awal Tahun 2020 kita jadikan momentum untuk membangun semangat baru, pola pikir baru bersama menyatukan kekuatan untuk membangun Papua dan Papua Barat,” ujar Bahtiar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *