Jokowi: Tol Pertama di Kalimantan, Balikpapan-Samarinda 1 Jam

Jokowi: Tol Pertama di Kalimantan, Balikpapan-Samarinda 1 Jam

Jakarta – Presiden Jokowi menegaskan dengan beroperasi sebagian Tol Samarinda-Balikpapan akan mempercepat waktu tempuh kedua kota. Dengan adanya tol ini, maka waktu tempuh hanya satu jam dari sebelumnya tiga jam.

“Yang biasanya dari Balikpapan-Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam PP. Bila menggunakan jalan tol sekarang ini paling satu jam atau satu jam seperempat. Sehingga kecepatan efisiensi bisa kita dapatkan,” kata Jokowi saat peresmian tol Samarinda-Balikpapan, Selasa (17/12)

Jokowi mengatakan tol yang diresmikannya hari ini memang baru sebatas seksi 2, 3, 4 dari total lima seksi. Selebihnya baru rampung tahun depan.

“Dari 5 seksi yang telah selesai 3 seksi. Sepanjang 58,7 km dari total 99,3 km. Jadi kurang 2 seksi lagi. Tapi saya menanyakan kepada dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti Insya Allah April 2020. Ini jalan tol pertama di Pulau Kalimantan,” katanya.

Seksi 1 mulai dari Km 13 Balikpapan hingga Samboja sepanjang 22,025 km, Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,975 km. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 17,3 km, Seksi 4 dari Palaran, Samarinda hingga Jembatan Mahkota II sepanjang 17,55 km, dan Seksi 5 dari Km 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,5 km.

Seksi 2, 3, dan 4 merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jasa Marga. Selebihnya, seksi 1 dan 5 menjadi porsi pemerintah yang masih proses penyelesaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *