Jokowi Minta Menterinya Awasi Daerah Yang Mulai Terapkan New Normal

Jokowi Minta Menterinya Awasi Daerah Yang Mulai Terapkan New Normal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan menterinya untuk mengawasi daerah yang akan memasuki masa adaptasi new normal. Dia ingin seluruh tahapan sebelum masuk ke fase tersebut dilalui dengan baik.

“Tahapannya betul-betul dilalui. Baik itu prakondisi, timingnya kapan, diberikan panduan, ada guidance dari pusat, sehingga mereka tidak salah,” kata Jokowi dalam rapat terbatas ‘Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19’ di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/6).

jokowi mengingatkan, tahapan yang harus dilalui sebelum masuk ke era new normal yakni menyiapkan prakondisi dan menentukan skala prioritas terkait pembukaan sektor sosial ekonomi.

“Ada prakondisi, ada ketepatan timing-nya. Kemudian ketika sektor mana yang dibuka itu betul-betul diberikan panduan,” beber Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun memerintahkan jajarannya untuk tidak hanya bekerja dalam kondisi wajar. Dia meminta agar jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju dapat melakukan terobosan di tengah pandemi ini.

“Saya minta agar bekerja tidak linier, saya minta ada sebuah terobosan yang bisa dilihat oleh masyarakat dan itu terobosan betul-betul berdampak pada percepatan penanganan, ini tidak datar-datar saja,” cetus Jokowi.

Dia pun meminta, adanya penambahan tenaga medis untuk wilayah yang masih tinggi penyebaran virus korona. Sehingga hal ini perlu kerja keras dari pemerintah.

“Kita kontrol di provinsi, karena kalau tidak melakukan sesuatu dan kita masih datar seperti ini, nggak akan ada pergerakan yang signifikan,” tandas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *