Jokowi Mau Guyur Lagi Bantuan Buat UMKM

Jokowi Mau Guyur Lagi Bantuan Buat UMKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri UKM dan Koperasi Teten Masduki memberikan bantuan modal kerja kepada UMKM. Modal kerja itu berupa bantuan sosial (bansos) kepada UMKM yang belum memiliki akses pembiayaan.

Demikian disampaikan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin (20/7/2020).

“Yang sekarang sedang digodok Bapak Presiden meminta kami dengan Pak Teten bagaimana memberikan modal kerja tapi dalam bentuk bansos kepada para UMKM yang belum mendapat akses kepada pembiayaan,” katanya.

Sri Mulyani menuturkan, masalah yang ada saat ini hanya masalah pendataan. Kembali, Sri Mulyani menuturkan, bantuan yang diberikan berupa bansos bukan kredit kerja.

“Mereka tidak diberikan dalam bentuk kredit (modal) kerja tapi bansos yang bisa diharapkan produktif,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya sedang memformulasikan bantuan ini dalam 1-2 minggu ini. Rencananya, kebijakan ini akan diumumkan Presiden Jokowi.

“Maka ini yang sekarang kita formulasikan dalam 1-2 minggu ini, untuk kemudian nanti Bapak Presiden akan umumkan supaya kita bisa memberikan tambahan lagi dukungan kepada terutama masyarakat UMKM kecil dalam bentuk transfer langsung kepada mereka tapi untuk produktif (modal kerja) tidak hanya konsumtif seperti untuk sembako,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *