Jaga Keseimbangan Kesehatan Publik dan Perputaran Roda Perekonomian

Jaga Keseimbangan Kesehatan Publik dan Perputaran Roda Perekonomian

Dalam kaitannya dengan Covid-19, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian meminta pemerintah tingkat daerah di Indonesia, termasuk Papua, untuk dapat menjaga keseimbangan antara penanganan kesehatan/kemanusiaan dan ekonomi.

Pasalnya, kalau hanya fokus pada persoalan kesehatan tanpa memperhatikan perekonomian, maka akan menimbulkan masalah baru.

“Artinya, kalau kita paksakan masyarakat untuk tinggal di rumah (dalam menjaga kesehatannya), maka akan menimbulkan PHK dan penagguran baru. Belum lagi, bagi mereka yang tinggal lama di rumah terkena stress yang tinggi karena kita ini makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial. Dengan stress kekebalan tubuh kita akan menurun juga,” terang Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, Jumat (10/7) lalu.

“Oleh karena itu harus dicari keseimbangan. Artinya, mengutamakan kesehatan publik, namun ekonomi juga jangan sampai hancur. Inilah mengapa semua negara sedang mencari formula, terlebih tidak ada formula yang pasti,” sambungnya.

Setiap daerah, sambung Mendagri Tito, di tingkat provinsi, termasuk Pemerintah Provinsi Papua juga sama, di mana kepala daerah mencari keseimbangan agar kesehatan publik dalam penyebaran Covid- 19 tetap dikendalikan, namun ekonomi juga tetap berjalan.

“Ini adalah krisis, sehingga pola pikir juga harus luar biasa. Bukan hanya kepala daerah, tapi semua kepala pemerintahan mendapat ujian. Karena ini adalah krisis, maka kita harus berinovasi menjaga keseimbangan antara kesehatan publik dan ekonomi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *