Inpres PON 2020 Papua Libatkan 28 Lembaga

Inpres PON 2020 Papua Libatkan 28 Lembaga

Presiden Joko Widodo memastikan dukungan penuh pemerintah kepada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON 2020 di Papua. Pesta olahraga ini digelar pada 20 Oktober-2 November 2020.

Dukungan Jokowi itu dituangkan dalam penerbitann
Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua. Inpres itu ditandatangani pada 17 Januari 2020.

Presiden Jokowi telah memerintah 28 lembaga negara di pusat maupun daerah untuk ikut menyukseskan pelaksanan PON XX 2020 Papua. Inpres ini ditujukan kepada: 1. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; 2. Menteri Dalam Negeri; 3. Menteri Keuangan; 4. Menteri Pemuda dan Olahraga; 5. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

  1. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; 7. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional; 8. Menteri Perhubungan; 9. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; 10. Menteri Kesehatan; 11. Menteri Perindustrian ; 12. Menteri Perdagangan;
  2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; 14. Menteri Komunikasi dan lnformatika; 15. Menteri Badan Usaha Milik Negara; 16. Menteri Pertanian; 17. Menteri Sosial;
  3. Jaksa Agung Republik Indonesia; 19. Panglima Tentara Nasional Indonesia; 20. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia; 21. Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan; 22. Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan;
  4. Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah; 24. Gubernur Provinsi Papua; 25. Wali Kota Jayapura; 26. Bupati Jayapura; 27. Bupati Mimika; dan 28. Bupati Merauke.

Secara umum, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada setiap institusi untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk mempercepat dukungan dalam penyelenggaraan PON XX dan Papernas XVI 2020.

Pemerintah meminta seluruh kontingen supaya tidak perlu mengkhawatirkan masalah keamanan dalam penyelenggaraan PON 2020 di Papua

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengatakan kekhawatiran yang selama ini muncul perihal kondisi keamanan di Bumi Cendrawasih tidak perlu dirisaukan. “Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan, apalagi langsung dipimpin oleh Pak Gubernur (Lukas Enembe),” kata dia di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.

Menurut dia, pelaksanaan PON 2020 Papua telah mendapat jaminan kesiapan dari Pemerintah Provinsi Papua baik aspek infrasrtuktur maupun keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *