IDI DIY Buka Konsultasi Corona Gratis

IDI DIY Buka Konsultasi Corona Gratis

Ikatan Dokter Indinesia (IDI) DIY secara resmi membuka pelayanan kepada masyarakat berupa konsultasi gratis terkait Covid-19. Layanan via whatsapp (WA) ini secara resmi dimulai Kamis (09/04/2020) dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bertanya dan berkonsultasi.

Dalam satu hari, pelayanan konsultasi dibagi tiga sesi yaitu pukul 08.00-11.00 WIB, pukul 11.00-17.00 WIB dan 17.00-20.00 WIB. Dalam satu hari ada 3-4 dokter yang siap memberikan konsultasi. Setidaknya ada 20 dokter (pengurus dan anggota IDI DIY) yang telah dibagi waktunya dalam sepekan.

Menurut Rino, layanan ini merupakan bentuk partisipasi dokter-dokter di DIY untuk membantu penanganan wabah Covid-19 di DIY, disamping memberikan pelayanan langsung kepada pasien yang terdampak langsung.

Layanan konsultasi gratis ini sebagai bentuk tindakan promotif kepada masyarakat umum dalam rangka pencegahan, meminimalkan angka kejadian atau morbiditas dan mortalitas kasus Covid-19. Bersama masyarakat, dokter akan lebih mampu berbuathal yang positif, dengan harapan wabahini segera terkondisikan dan berakhir.

Terkait materi konsultasi, kata Rinokhusus seputar Covid-19, seperti penyebabnya, gejalanya, pemeriksaannya, pemeriksaan penunjang laboratorium dan radiologi serta terapi di rumah sakit.

Menurut Rino, animo masyarakat memanfaatkan layanan ini cukup tinggi. Pertanyaan dan konsultasi tidaknhanyadatang dari warga DIYtapi juga dari luarDIY. ā€¯Ternyata masyarakat kita memangbutuh informasi terkait Covid-19 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *