HUT OPM, Keamanan di Papua Aman Terkendali

HUT OPM, Keamanan di Papua Aman Terkendali

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengklaim kondisi keamanan dan ketertiban pada 1 Juli 2020 yang diperingati kelompok seberang sebagai hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) tetap terkendali.

“Alhamdulilah aman terkendali, termasuk Keerom ada informasi akan ada pergerakan, kita sudah perbantukan satu peleton Brimob tetapi kita lihat tidak tetap aman terkendali,” ungkapnya kepada wartawan di Keerom, Rabu (1/7/2020).

Kapolda menilai kemungkinan pihak-pihak yang selama ini berseberangan dengan NKRI telah sadar dengan hanya melakukan ibadah atau doa di rumah saja.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kebersamaan, artinya mereka paham, mereka juga memiliki perbedaan pandangan tentang 1 juli tapi mereka memahami tentang keadaan kita,” terangnya.

Dengan melakukan melakukan doa di rumah, menurutnya sangat baik. Hal ini berjalan dengan baik, karena adanya komunikasi dan pendekatan lewat Babinkantibmas dan berbagai upaya lain yang dilakukan para anggota Babinsa, Polres dan Polsek.

“Seperti mungkin ada yang memerlukan pangan, kita bantu secara manusiawi. Kita melakukan pendekatan secara humanis dan tidak melakukan tindakan tegas,”tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *