Hari Raya Idul Fitri, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Minta Masyarakat Tetap Optimis Lawan Covid-19

Hari Raya Idul Fitri, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Minta Masyarakat Tetap Optimis Lawan Covid-19

Kabarnya dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap agar masyarakat tetap optimisme menghadapi pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19).

“Tidak boleh ada pesimisme. Tidak boleh putus asa”.

“Dalam agama tidak boleh berputus asa harus terus optimis”.

Kita sebagai bangsa pejuang harus punya semangat untuk mengatasi. Semangat bangkit dan bersatu untuk Indonesia lebih sehat,” ujar Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulis, Minggu (24/5).

Menurut Ma’ruf, pemerintah pun sudah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi Covid-19.

Mulai dari menjalankan tes masif secara agresif, dimana pengetesan sudah bisa di atas 5.000 per hari, adanya pelayanan kesehatan, isolasi dan pengobatan sehingga terjadi peningkatan jumlah pasien yang sembuh dan turunnya jumlah orang meninggal.

Dan upaya berikutnya melakukan berbagai pembatasan.“Ini juga sudah kelihatan beberapa daerah sudah mulai airnotenya sudah di bawah satu,” kata Ma’ruf.

Tak hanya itu, Ma’ruf pun menyebut pemerintah sudah melakukan berbagai upaya mengatasi dampak yang ditimbulkan Covid-29, baik dari sisi ekonomi dan sosial seperti memberikan bantuan sosial dan bantuan tunai.

Adapun, Ma’ruf juga menyinggung perayaan Idul Fritri di tengah pandemi. Menurutnya, perayaan idul fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya sehingga diharapkan idul fitri tahun ini diratakan dengan menyesuaikan kondisi sesuai dengan ajaran agama.

“Tahun ini tahun penuh bahaya karena adanya Covid-19. Karena itu, puasa kita di bulan Ramadan kita sesuaikan, Hari Rayanya pun disesuaikan dengan kondisi itu”.

“Karena itu, supaya tidak lakukan salat Id di masjid ataupun di lapangan karena menghindari potensi penularan. Islam itu ajaran [yang] membawa kemaslahatan dan memperkecil bahaya, kalau sampai itu [salat Id] dilakukan maka akan memperbesar bahaya,”kata Ma’ruf.

Dia pun meminta kepada masyarakat, khususnya kaum muda, tetap menjaga kesehatan dan menaati imbauan pemerintah terkait Covid-19. Dia berharap anak muda tak menyepelekan Covid-19 mengingat banyak anak muda yang turut terpapar Covid-19.

Tak hanya itu, Ma’ruf jufa berharap agar hal positif saat ini diteruskan meski pandemi berakhir.

Mulai dari menjaga kesehatan, meningkatkan komunikasi lewat digital, memperbanyak ilmu, hingga meningkatkan tolong menolong dan gotong royong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *