Gerak Cepat Pemerintah Dalam Atasi Kelangkaan Reagen PCR Test

Gerak Cepat Pemerintah Dalam Atasi Kelangkaan Reagen PCR Test

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pengujian sample secara masif ke masyarakat Indonesia. Namun, salah satu kendala adalah langkanya reagen PCR Test.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa Indonesia telah mendapat bantuan dari Korea Selatan. Di mana, hal ini dibantu oleh Menteri BUMN Erick Thohir, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan Kedubes Korsel.

“Kemarin kami telah dapat bantuan dari KBUMN bapak menteri langsung, dan direktur utama garuda dan dubes Korsel yang langsung merespons,” ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Senin (20/4/2020).

Sehingga, lanjutnya, kurang dari 24 jam Reagen PCR Test dari Korsel bisa dikirim ke Indonesia. Apalagi, di tengah kesulitan dalam kelangkaan barang tesebut.

“Semua kesulitan itu bisa diatasi oleh kerjasama dari unsur lapangan yang diupayakan oleh Kedubes Korsel, dan bapak Dubes langsung mengutus staffnya untuk mengawal reagen tersebut ke Jakarta,” ujarnya.

Dirinya pun memastikan, seluruh reagen PCR Test dari Korsel telah sampai. Di mana, juga telah didistribusikan ke laboratorium penanganan Covid-19.

“Sampai tadi pagi, seluruh reagen dari korsel telah terdistribusi ke laboratorium di sekitar jakarta, dan beberapa provinsi lainnya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *