Efektifkan Sentra Gakkumdu, Polri-Bawaslu Teken Peraturan Bersama Pilkada 2020

Efektifkan Sentra Gakkumdu, Polri-Bawaslu Teken Peraturan Bersama Pilkada 2020

Polri, Kejaksaan Agung RI dan Bawaslu meneken peraturan bersama. Penandatanganan peraturan bersama ini demi mengefektifkan kinerja Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Pilkada 2020.

Penandatanganan peraturan bersama ini dilakukan di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Senin (20/7/2020). Peraturan bersama itu diteken langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Ketua Bawaslu Abhan.

Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan Sentra Gakkumdu telah memiliki pengalaman dalam Pemilu sebelumnya. Dia pun berharap penandatanganan peraturan baru ini sebagai titik awal kerja sama penegakan hukum dalam Pilkada 2020.

“Semoga bangunan kebersamaan ini akan tetap terjalin sinergitas dalam menegakkan keadilan pemilu akan terbangun dengan baik,” kata Abhan.

Abhan menjelaskan ada beberapa tambahan aturan dalam peraturan bersama ini agar Sentra Gakkumdu efektif menangani pelanggaran pemilu. Salah satunya mengenai kewajiban penerapan protokol kesehatan.

“Terdapatnya beberapa perubahan dan penambahan pasal dalam peraturan bersama maka, peraturan bersama yang ditandatangni saat ini merupakan pengganti peraturan bersama sebelumnya,” ujarnya.

Sementara, Kapolri Jenderal Idham Azis mengapresiasi penandatanganan peraturan bersama ini. Sebab, menurutnya, kerja Sentra Gakkumdu pada Pilkada tahun ini akan berbeda dengan yang sebelumnya.

“Yang membedakan adalah kita sekarang sedang hadapi pandemi Corona. Sangat bagus penandatanganan ini untuk memberikan gambaran bahwa kita (sebagai) alat negara harus siap dalam keadaan apapun,” kata Idham Azis.

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Agung ST Burhanuddin mengakui bahwa bukanlah hal yang mudah menyukseskan Pilkada 2020. Namun, aturan bersama ini berguna sebagai landasan bagi Sentra Gakkumdu dalam menjalani proses penegakkan hukum selama Pilkada 2020.

“Saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan penandatanganan peraturan bersama ini, kegiatan ini teramat penting dan strategis sebagai landasan kita bersama dalam menyukseskan jalannya penyelenggaraan pemilu,” ungkap ST Burhanuddin.

“Tentunya ini bukanlah pekerjaan mudah, artinya lagi bahwa kita wajib untuk bersama sama bergandengan tangan untuk penanganan ini,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *