Deklarasi GPP untuk Perkuat Nilai-nilai Pancasila di Akar Rumput

Deklarasi GPP untuk Perkuat Nilai-nilai Pancasila di Akar Rumput

Gerakan Pembumian Pancasila yang dilakukan tokoh-tokoh Jabar di Bandung bertujuan untuk lebih memperkuat nilai nilai Pancasila di masyarakat. Gerakan itu juga bakal lebih menyasar kalangan akar rumput.

“Kami ingin sosialisasi Gerakan Pembumian Pancasila ini langsung ke grass root atau ke masyarakat. Jadi, sosialisasi Pancasila tidak dibatasi oleh sekat-sekat ruang elit, tapi kita  melibatkan ruang partisipasi masyarakat secara luas,” kata Ketua Panitia Acara Deklarasi GPP, Pamriadi dalam keterangannya, Selasa.

Sejumlah tokoh Jabar antara lain Sekda Setiawan Wangsaatmaja dan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan hadir dalam helatan akhir pekan lalu itu yang diawali pembacaan teks Pancasila oleh Dewan Pembina DPD GPP Jabar, Dandan Reza Wardhana.

Menurut Pamriadi, pihaknya menggelindingkan GPP tak hanya sekadar dalam konteks kemasan yang serius dan menjemukan masyarakat, tapi mereka ingin pula membuat konsep yang menghibur. Semuanya dalam kerangka bahwa  gerakan Pancasila mesti digaungkan secara konsisten agar tidak tergeser oleh ideologi-ideologi lain.

Dalam kaitan itu, Wagub Uu Ruzhanul Ulum menyambut positif kegiatan deklarasi tersebut. Masyarakat, katanya, mesti mengetahui dan memahami bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang sudah final dan lahir berdasarkan kesepakatan bersama seluruh elemen bangsa.

“Deklarasi ini sangat penting, melalui gerakan ini masyarakat harus paham bahwa Pancasila sebagai dasar negara yang lahir berdasarkan kesepakatan seluruh bangsa Indonesia dari berbagai macam agama dan komunitas, sudah tidak boleh diganggu gugat,” tegasnya.

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Heryawan menyatakan bahwa tidak boleh ada keraguan terhadap Pancasila sebagai sebuah ideologi negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

“Saya hanya ingin menegaskan bahwa hari ini kita adalah pewaris yang sah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak boleh ada keraguan terhadap Pancasila sebagai landasan ideologi negara, sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara,” katanya yang mengapreasi deklarasi yang dirangkai kegiatan jalan sehat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *