BPIP: Pancasila Bukan Doktrin, tapi Pondasi Kehidupan Masyarakat

BPIP: Pancasila Bukan Doktrin, tapi Pondasi Kehidupan Masyarakat

Jakarta – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, menyorot peranan Ideologi Pancasila dalam terapan kehidupan saat ini.

Menurutnya Pancasila haruslah menjadi dasar atau pondasi semua orang dalam tata laku bermasyarakat.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa harus menjadi dasar atau pondasi bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Benny dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabes TNI AU), Rabu (26/8/2020).

Benny menekankan, bahwa semua pemangku kepentingan yang membuat kebijakan publik pun harus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap regulasinya.

Dia juga menegaskan, bahwa Pancasila harus menjadi keyakinan yang nantinya akan membawa bangsa ini dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

“Pancasila harus menjadi cara berpikir, bernalar, bertindak, dan berelasi. Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi keyakinan bagi seluruh rakyat yang menjadi cita-cita yang diwujudkan dengan konkret untuk mewujudkan kesejahteraan,” jelas dia saat Webinar yang bertemakan Pembekalan Bintal Rohani, Ideologi, dan Tradisi Kejuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *