BPIP Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-nilai Pancasila Dari Hal Yang Sederhana

BPIP Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-nilai Pancasila Dari Hal Yang Sederhana

Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Ani Purwanti, SH., M.Hum mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dari hal yang sederhana salah satunya adalah cara pandang beragama.

“Cara mengamalkan nilai Pancasila bukan hal yang muluk-muluk, tetapi salah satu contohnya adalah cukup dengan memandang agama dengan tidak ekstrem,” ucapnya saat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan seminar Nasional dengan tema Pancasila, Moderasi dan Kerukunan Umat Beragama di Bengkulu.

Menurutnya sebuah Negara yang mengingat banyak suku, bahasa dan Agama diperlukan suatu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat untuk menopang kebesaran, keleluasaan dan kemajemukan.

“Dengan dasar negara yang dapat meletakkan segenap elemen bangsa, suatu landasan yang statis sekaligus dapat memberi tuntunan yang dinamis,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan fungsi Pancasila sebagai fungsi ideologi dan pandangan hidup harus berjalan beriringan sehingga dalam implementasinya Pancasila yang diamalkan cukup sempurna.

“Fungs-fungsi Pancasila, harus berjalan beriringan, sehingga dalam implementasinya berjalan sempurna,” terangnya.

Disamping itu ia menjelaskan makna salam Pancasila yang mengangkat tangan di atas pundak adalah Pancasila merupakan tanggungjawab berasama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *