Tokoh Pemuda Sorong Dukung Perpanjangan Otsus untuk Tingkatkan SDM Papua

Tokoh Pemuda Sorong Dukung Perpanjangan Otsus untuk Tingkatkan SDM Papua

Pemberlakuan kebijakan Otsus di Papua semenjak tahun 2001 sampai dengan saat ini telah memberikan perubahan besar bagi masyarakat di Papua maupun di Papua Barat termasuk di Kabupaten Sorong. Memang dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan, namun Otsus ini sendiri telah banyak menciptakan SDM dan memberikan peluang bagi masyarakat Papua untuk membangun daerahnya sejajar seperti daerah lainnya di Indonesia.

Terkait itu, Hamzah Edoba, S.Pd, Tokoh Pemuda Kab. Sorong menyampaikan apabila Otsus diberhentikan, maka kemajuan dan perkembangan daerah di Papua dan Papua Barat akan berhenti, baik dalam hal pembangunan infrastruktur maupun bidang pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. “Kita harus sadari bahwa untuk membangun suatu daerah itu tidak semudah yang dipikirkan, jadi menurut saya kebijakan Otsus tetap harus dilanjutkan tetapi dengan syarat pengelolaan dana Otsus harus benar benar merata, transparan dan tepat sasaran,” Hamzah kepada Papua barat Pos melalui sambungan telephone selulernya, Kamis (20/8).

Agar pengelolaan dana Otsus nantinya dapat berjalan dengan baik, sambung dia, maka semua program yang menyangkut dana Osus harus bisa dievaluasi oleh pemerintah pusat, bila perlu dibentuk Tim audit khusus yang bertugas mengontrol jalannya dana otsus tersebut. Pemerintah perlu memastikan bahwa selain pembangunan infrastruktur, masyarakat Papua juga benar-benar memperoleh pelayanan yang baik khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan, sehingga masyarakat Papua menyadari adanya perhatian khusus dari Negara dan pada akhirnya manfaat Otsus bisa dirasakan oleh masyarakat sampai kalangan bawah.

Dengan adanya sebagian kelompok yang melakukan aksi penolakan terhadap perpanjangan Otsus, saya menghimbau agar masyarakat tidak perlu melakukan hal-hal yang akan merugikan diri sendiri, tenang dan tetap bekerja melakukan aktivitas seperti biasanya karena permasalahan Otsus sudah ada pemerintah daerah maupun perwakilan kita baik di DPR PB maupun MRPB yang akan mengatur. “Mari kita menyatukan tenaga dan pikiran untuk membangun tanah Papua dengan segenap jiwa raga agar tanah Papua bisa berkembang dan bisa lebih maju seperti daerah-daerah yang lain,” ajak Hamzah.

Turut ditambahkannya,”Saya juga berharap agar masyarakat tetap menjaga stabilitas Kamtibmas dan tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang dapat merusak persatuan dan kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik, walaupun masih ada segelintir kecil yang menolak perpanjangan Otsus namun hal tersebut bisa dimaklumi dan sesuatu hal yang wajar dalam dinamika berdemokrasi. Hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat menaruh harapan besar terhadap adanya Otsus agar membawa perubahan lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *