Tentang Vetiver Andalan Presiden Jokowi, Akar Wangi Cengkeram Bumi

Tentang Vetiver Andalan Presiden Jokowi, Akar Wangi Cengkeram Bumi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan tanaman vetiver yang dapat berfungsi mencegah banjir dan tanah longsor. Bukan sembarang tanaman, vetiver rupanya punya akar kuat untuk mencengkeram bumi yang kekuatannya setara seperenam kawat baja.

Dirangkum detikcom, Selasa (4/2/2020), Jokowi awalnya memperkenalkan tanaman vetiver dalam Rakornas Penanggulangan Bencana. Jokowi meminta semua pemerintah daerah menanam vetiver di wilayahnya.

“Ini mau saya kenalkan, tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Vetiver bukan beda Veti Vera, beda itu. Karena apa, dalam setahun akarnya bisa 1/2-1 meter. Ini mulai harus dikenalkan. Diperbanyak bibitnya. Sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana, Jokowi saat memberi pengarahan di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Jokowi pun menceritakan soal Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah memesan 50 juta bibit dan meminta kepala daerah lain segera menyusul langkah Ridwan. Dia menjelaskan pohon vetiver tak hanya bisa digunakan untuk menahan banjir dan tanah longsor.

“Juga setiap rentang waktu tertentu yang tidak terduga ring of fire, gempa, tsunami, letusan gunung berapi. Vetiver dikombinasi dengan pohon lain. Kemarin kita tanam pohon jengkol, durian, sengon, pete. Ekonomi ambil dari situ biar nggak ambil dari vetivernya.

Jokowi pun sempat berkelakar saat memperkenalkan tanaman vetiver dan meminta pemda menanamnya di daerah masing-masing. Jokowi menyebut nama penyanyi dangdut Vety Vera.

Ini mau saya kenalkan, tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Vetiver bukan beda Vety Vera, beda itu.

“Karena apa, dalam setahun akarnya bisa 1/2-1 meter. Ini mulai harus dikenalkan. Diperbanyak bibitnya. Sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *