Tentang Social Distance, Cara Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Corona

Tentang Social Distance, Cara Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masyarakat melakukan social distance guna mencegah penularan virus corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi pada Minggu (15/3/2020) kemarin.

Jokowi juga meminta agar masyarakat untuk tidak panik. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar, seperti bekerja, belajar dan beribadah bisa dilaksanakan di dalam rumah.

“Saat ini yang penting social distance, menjaga jarak. Dengan kondisi itu, kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah,” jelas dia.

Lantas, apa artinya social distance?

Dikutip dari Forbes, social distance adalah jarak sosial. Artinya, seseorang menjaga kedekatan fisik dengan seseorang guna mengurangi perpindahan virus dari tubuh satu ke yang lain.

Kegiatan social distance atau social distancing dilakukan sebagai strategi kesehatan guna mencegah atau memperlambat penyebaran virus. Bahkan, social distance menjadi norma baru dalam kehidupan setelah munculnya berbagai penyakit.

Selain itu, social distance juga dilakukan dengan mengisolasi diri bagi orang yang terinfeksi, mengkarantina diri, sehingga orang dapat terpisah satu sama lain.

Social distance disebut sangat penting untuk dilakukan saat ini. Sebab, hingga sekarang peneliti belum menemukan vaksin untuk melindungi tubuh dari virus corona.

Sebagai informasi, virus corona telah menginfeksi hampir di seluruh dunia. Kasusnya di Indonesia sendiri per Minggu (16/3/2020) telah mencapai 117 orang positif virus corona, 8 orang sembuh, dan 5 orang meninggal dunia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *