Strategi APBN Jokowi di 2021 Fokus Pemulihan Ekonomi

Strategi APBN Jokowi di 2021 Fokus Pemulihan Ekonomi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan sejumlah prioritas keuangan negara untuk 2021 mendatang. Salah satu fokus utama pemerintah adalah mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Kita harus pastikan prioritas untuk 2021 dan pelebaran defisit untuk APBN 2021 yang difokuskan dalam rangka pembiayaan percepatan pemulihan ekonomi dan sekaligus penguatan transformasi di berbagai sektor,” kata Jokowi, Selasa (28/7/2020).

“Terutama di reformasi bidang kesehatan, reformasi di bidang pangan, energi, pendidikan, dan juga percepatan transformasi digital,” lanjutnya.

Jokowi memahami bahwa kas keuangan negara hanya berkontribusi kurang lebih 14,5% terhadap produk domestik bruto (PDB). Namun, belanja negara akan difokuskan untuk membangkitkan sejumlah mesin penggerak ekonomi yang terpukul akibat Covid-19.

“Dalam situasi krisis, belanja pemerintah jadi instrumen utama daya ungkit. Tapi juga agar sektor swasta dan UMKM bisa pulih kembali. Mesin penggerak ekonomi ini harus diungkit dari APBN, yang terarah dan tepat sasaran,” ujar Jokowi.

Terlepas dari hal itu, kepala negara mengingatkan kepada jajarannya untuk tidak melupakan agenda besar dan strategis pemerintah yang sudah dirancang. Program pemerintah merupakan salah satu cara untuk terhindar dari jebakan pendapatan menengah.

“Tantangan masih besar, dan panjang,” kata Gubernur DKI Jakarta itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *