Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pemberian Paket Sembako oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Provinsi DIY

Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pemberian Paket Sembako oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Provinsi DIY

YOGYAKARTA – Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Provinsi DIY melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 dan pemberian paket sembako di beberapa desa di Kabupaten Kulon Progo seperti Desa Pengasih, Desa Margosari, dan Desa Sidomulyo. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Prov DIY dalam membantu pemerintah untuk memutus rantai Covid-19 melalui sosilisasi dan meringankan beban masyarakat yang terdampak perekonomian disaat pandemi Covid-19, Selasa (12/05).

Sarno selaku Koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dalam sambutannya menyampaikan, “Kami dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Wilayah Kulon Progo menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang bersedia hadir dalam kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 serta pembagian sembako yang diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak virus covid-19 di Wilayah Kulon Progo. Saat ini kami melaksanaan kegiatan ini di tiga titik yakni Desa Pengasih, Margosari dan Srimulyo,” ucapnya.

Acara kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 dan pemberian paket sembako juga dihadiri oleh R. Prapto Susilo (Ketua RT 01 Desa Pengasih), Aipda J Harsito (Babinkamtibmas), Serka Marsyad (Babinsa), serta Ika Setiawan (Kepala Dukuh Kemaras Sidomulyo Kec. Pengasih Kab. Kulon Progo).

“Terimakasih atas sosilisasi dan bantuan sembako kepada warga disini yang terdampak pandemi covid 19. Saat ini banyak warga yang tidak bekerja, dampak dari pandemi Covid 19 selain itu banyak hasil produksi tani yang menurun sehingga sangat berdampak pada perekonomian warga,” tutur Ika Setiawan, selaku Kepala Dukuh Kemaras Desa Sidomulyo.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) serta menerapkan imbauan pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan yakni dengan pemakaian masker, rajin mencuci tangan, tetap menjaga jarak, dan jika ada saudara kita dari luar agar dihimbau untuk tidak mudik dulu demi kebaikan bersama karena kesehatan itu mahal serta agar penyebaran virus covid-19 ini dapat dihentikan.

“Kami sebelumnya juga telah memberikan sosialisasi tentang bagaimana pencegahan penyebaran Covid-19 ini dan beberapa hal terkait imbauan pemerintah mulai dari penggunaan masker ketika keluar dari rumah, sering mencuci tangan ketika selesai berkegiatan, selalu menjaga jarak, menghindari kerumunan, termasuk melakukan ibadah di rumah sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat,” ucap R. Prapto Susilo, yang merupakan Ketua RT 01 Desa Pengasih.

Warga di desa tersebut rata-rata merupakan masyarakat yang telah purna tugas, buruh harian lepas dan ada juga yang bekerja di perusahaan swasta yang terdampak covid-19 sehingga banyak yang di rumahkan. Hampir semua warga di sini terdampak akan adanya virus Covid-19 ini.

“Saya sehari-hari merupakan buruh momong, karena ada virus corona ini saat ini suami sudah tidak bekerja dan sehari-hari berada dirumah. Jadi, dengan adanya bantuan ini saya sangat berterima kasih,” ungkap Marsih, Perwakilan penerima bantuan sembako Desa Pengasih.

Direncanakan pada Kamis, 14 Mei 2020 akan dilaksanakan kegiatan pembagian sembako oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Prov DIY di wilayah Kota Yogyakarta, dimana kegiatan pembagian sembako ini dilaksanakan secara bertahap dan tepat sasaran yang bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat miskin selama pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *