Shalat Idul Fitri di Rumah Lebih Aman

Shalat Idul Fitri di Rumah Lebih Aman

Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tinggal tiga hari lagi. Namun, apakah kegiatan shalat Id tahun ini bisa dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau tempat terbuka seperti lapangan? Ini mengingat situasi tanah air saat ini sedang berada dalam darurat pandemi corona atau Covid-19.

Ketua MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSi menghimbau agar umat muslim khususnya masyarakat Jawa Tengah untuk melaksanakan Salat Ied di rumah. Hal ini juga sebagai cara untuk mencegah atau memangkas mata rantai penyebaran virus Corona.

“Lebih baik di rumah saja, lebih aman, dengan begitu kita menyelamatkan banyak umat,” ujarnya dalam talkshow daring bersama Rektor UIN Walisongo Prof Dr H Imam Taufiq MAg.

Menurut KH Darodji, jika ada aktivitas kerumunan di luar rumah akan lebih berisiko. Juga akan memakan waktu yang lebih lama karena harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan pemerintah.

“Kalau harus dilaksanakan di masjid atau lapangan tentu akan lebih rumit, karena harus lewat prosedur keamanan kesehatan seperti ukur suhu tubuh, itu pasti untuk banyak jamaah, lha trus mau shalat jam berapa, justru akan mempersulit diri,” tambahnya.

Padahal, tuntunan mengajarkan bahwa agama bukan untuk dipersulitkan, tetapi bisa dilakukan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *