Relawan Bantu Pelaku Wisata Terdampak Covid-19

Relawan Bantu Pelaku Wisata Terdampak Covid-19

Ribuan pelaku wisata terdampak pandemi Covid-19 di kawasan Kaliurang belum tersentuh bantuan. Salah satunya komunitas jeep lava tour yang kehilangan mata pencarian sejak muncul pandemi Covid-19.

Untuk meringankan beban para pelaku wisata tersebut, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 DIY menyalurkan sekitar 50 paket sembako kepada pelaku wisata terdampak Covid-19. Selain pelaku wisata, mereka juga membagikan sembako bagi warga terdampak baik di Kaliurang, Pakem maupun Sumbersari, Moyudan, Sleman.

Kami kumpulkan dana secara swadaya dan sengaja menyasar mereka yang benar-benar terdampak Covid-19. Seperti komunitas jip lava tour ini, sejak pandemi Corona mereka kehilangan pekerjaan,” kata Hartiningsih anggota Relawan Indonesia Bersatu DIY, Senin (4/5/2020).

Titin mengajak agar relawan-relawan lainnya bisa membantu warga yang benar-benar terdampak. Terutama di lokasi-lokasi yang selama ini secara geografis terpencil dan belum tersentuh bantuan. “Itu saja harapan saya. Mari saling membantu untuk meringankan beban warga lain yang terdampak Covid-19,” katanya.

Ketua Asosiasi Jeep Sisi Barat Dardiri mengatakan Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Daldiri mengatakan hampir 90% dari 7.000 anggota komonitas jip lava tour di kawasan wisata Kaliurang terdampak pandemi Covid-19. Mereka kehilangan pekerjaan dan penghasilan karena tidak beroperasi.

“Ini bantuan pertama yang kami terima. Meskipun baru sedikit yang menerima bantuan, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para relawan ini,” kata Daldiri.

Pihaknya, lanjut dia, sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah namun hingga kini masih belum terealisasi. Dengan bantuan yang diterima dari relawan, dia berharap bisa menggerakkan relawan lainnya untuk membantu warga terdampak. “Kami memiliki 7000 anggota 900 di antaranya menjadi pemandu Lava Tour. Mereka itu yang benar-benar terdampak pandemi Covid ini,” katanya.

Dijelaskan Daldiri, sesuai anjuran pemerintah, para pelaku wisata lava tour saat ini lebih banyak tinggal di rumah. Mereka beralih profesi dengan menanam tanaman, sayur dan lainnya untuk bisa dimanfaatkan hasilnya. “Mudah-mudahan bantuan yang diberikan para relawan menjadi berkah bagi penerimanya,” kata Daldiri.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *